Thursday, June 20, 2024

Bersama Menulis Papua

Must Read

Pemudakatolik.or.id, Papua – Universitas Kristen Satya Wacana berkolaborasi dengan BRIN, UGM, UB-Malang dan Departemen Gugus Tugas Papua Pengurus Pusat Pemuda Katolik menyelenggarakan Pelatihan Analisis Sosial dan Penulisan Esai Bagi Mahasiswa Papua.

Pelatihan yang selenggarakan selama 7 hari tersebut mengangkat tema “Bersama Menulis Papua”.

Menurut Melkior Sitokdana, Dosen Asal Papua di UKSW, Salatiga mengatakan” Pelatihan ini diselenggarakan untuk melatih mahasiswa Papua tentang praktik analisis sosial dan penulisan esai. Papua memiliki beragam persoalan sosial, baik sosial budaya, sosial politik, sosial ekonomi, sosial teknologi, dan sebagainya sehingga dibutuhkan daya kritis dari para pemuda Papua untuk memecahkan berbagai persoalan tersebut”, ujarnya.

Pelatihan ini dirancangan untuk peserta dengan jumlah terbatas antara 15-20 mahasiswa yang dipilih dengan mempertimbangkan variasi dan perbedaan asal fakultas, asal daerah di Papua dan keseimbangan gender.

Pelatihan tersebut diselenggarakan mulai tanggal 08-16 Desember 2022. Dalam pelatihan ini para peserta akan dilatih tentang analisis sosial sebagai dasar penulisan esai.

Jika memungkinkan hasil penulisan para peserta pelatihan akan dikumpulkan dan diterbikan sebagai buku.

Narasumber yang diundang dalam pelatihan ini adalah Prof. Dr. PM Laksono, M.A (Guru Besar Antropologi, FIB, UGM), Dr. Riwanto Tirtosudarmo M.A (Peneliti Sosial Independen), Prof. (ris) Dr. Cahyo Pamungkas (Peneliti BRIN), Dr. Thung Julan (Peneliti BRIN), Luis Feneteruma, SH (Peneliti BRIN), Dewi Arum Nawang Wungu S.IP., M.I.P (Dosen Universitas Brawijaya), Haryani Saptaningtyas SP, MSc. Ph.D (Direktur Percik Institute, Salatiga), Dr. J Mardimin, M.Si (Dosen UKSW), Pdt. Izak Lattu, Ph.D (Dosen UKSW), Melkior N.N Sitokdana, S.Kom., M.Eng (Dosen UKSW) dan Evangs Mailoa, S.Kom., M.Cs (Dosen UKSW).

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
Latest News

Kolaborasi dengan OMK, Pemuda Katolik Bengkulu Sukses Ciptakan Don Bosco CUP

Pemudakatolik.or.id, Bengkulu - Maraknya peran pemuda saat ini menjadi tolak ukur tongkat kepemimpinan masa depan, baik untuk gereja, masyarakat,...
spot_img

More Articles Like This