Login
or
Register

Pengurus Pemuda Katolik Komcab Kota Depok dan Bekasi Resmi Dilantik

June 03, 2019

Pengurus Pemuda Katolik Komcab Kota Depok dan Bekasi Resmi Dilantik

Sticky
0

Depok, Kastra.co – Pengurus Pemuda Katolik Komisariat Cabang Kota Depok dan Kota Bekasi periode 2018-2021 resmi dilantik pada hari Sabtu, 01 Juni 2019 bertempat di di Gedung Pastoral Paroki St. Herkulanus, Jl. Irian Jaya No. 1, Depok Jaya, Jawa Barat.

Ketua Komisariat Daerah Jawa Barat, Frederikus Lusti Tulis sekaligus Ketua Lembaga Pengkajian Kebijakan Publik Pengurus Pusat Pemuda Katolik memberi pernyataan bahwa pelantikan ini menjadi momentum menghidupkan kembali kiprah Pemuda Katolik sebagai organisasi kader di Kota Depok dan Kota Bekasi.

Dalam Pelantikan tersebut, Eveline Cabuy sebagai Ketua Panitia menjelaskan pelantikan dilaksanakan berdasarkan hasil Kongres XVII Pemuda Katolik di Kupang, Nusa Tenggara Timur pada Desember 2018 yang mengamanatkan Konsolidasi Organisasi dalam Fokus Program hasil Kongres.

“Kami dari Organisasi Pemuda Katolik Komisariat Cabang Kota Depok dan Kota Bekasi berkepentingan melaksanakan tugas dan tanggungjawab pelantikan dalam hasil Muskomcab (Musyawarah Komisariat Cabang) dan berkewajiban melaksanakan tugas-tugas konsolidasi organisasi berjalan seiringan” paparnya.

Masa Penerimaan Anggota dan Pelantikan
Rangkaian kegiatan dimulai dengan proses Mapenta (Masa Penerimaan Anggota). Acara ini berjalan lancar sesuai jadwal dan terlihat para peserta sangat antuasias dalam mengikuti seluruh proses.

“Masa Penerimaan Anggota (Mapenta) Depok dan Bekasi merupakan tahap awal seseorang dikatakan sah bergabung dalam Pemuda Katolik” kata Aroli Ignatius Zai, Ketua Komcab Depok.

Dalam proses yang berlangsung khidmat ini, Aroli Ignatius Zai dilantik sebagai Ketua Komisariat Cabang (Komcab) Kota Depok dan Edi Silaban sebagai Sekretaris Komcab Depok. Selanjutnya, Arnoldus Simbolon dilantik sebagai Ketua Komcab Kota Bekasi dan Simon Paskah Banu sebagai Sekretaris Komcab Kota Bekasi yang dilantik langsung oleh Frederikus Lusti Tulis sebagai Ketua Komisariat Daerah Jawa Barat.

Seminar dan Diskusi Kebangsaan
Proses dilanjutkan oleh rangkaian Seminar dan Diskusi Kebangsaan “Peran Pemuda di Era Milenial 4.0” terkait Revolusi Industri 4.0 dan Hari Pancasila dengan menghadirkan narasumber dari Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia (DPR RI).

Seminar diselenggarakan untuk memberikan pendidikan tentang perkembangan zaman yang semakin maju, serta membangun kesadaran dan membentuk kader berkualitas yang bermutu tinggi dalam mengikuti perkembangan teknologi. Khususnya, kader-kader muda Katolik dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0 serta menggali nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi Bangsa.

Anggota DPR RI, Sukur Nababan yang tampil sebagai Keynote Speaker menyampaikan kepada seluruh hadirin “Pemuda itu harus menggunakan kekuatannya, nafas, waktu, tenaga, pikiran dan hasil kerjamu. Jadi apa kamu besok, ditentukan bagaimana kamu melihat persoalan hidupmu” ujar Sukur.

Sukur mendorong Pemuda Katolik dapat bekerja membangun reputasi, dapat bekerjasama dengan rasa kasih dan cinta, dalam membangun super team.

“Jangan jadikan organisasi ini sebagai arogansi iman atau personal elitis. Jalankan fungsi secara internal dan eksternal” tandasnya.

Legislator PDI Pejuangan Dapil Jawa Barat IV (Bekasi-Depok) itu juga menyampaikan “Displin menjalankan roda organisasi, jadilah garam dan terang secara baik, melayani bukan dilayani” tambahnya.

Di sela kegiatan seluruh dari hadirin berkesempatan berbuka puasa bersama sebagai bentuk membangun rasa toleransi dan memperkuat kebersamaan antar umat beragama. Pelaksanaan pelantikan di hadiri atau disaksikan oleh Ketua DPRD Kota Depok Hendrik Tangke Allo, Anggota DPRD Kota Depok Veronica Wiwin Widarini dan Agustina Simanjuntak, Kesbangpol Depok, Penbimas Depok Irawan, Romo Moderator Pemuda Katolik Depok RD. Dionysius Aditejo Saputro, Pengamat Politik Ari Nurcahyo, Pemuda Katolik Komda DKI Jakarta dan Banten.

Hadir pula beberapa tamu undangan dari KNPI Depok, PCNU Depok, PC IPNU Depok, PC IPPNU Depok, GP Anshor Depok, API, Pemuda Pancasila, Matakin Depok, Pura Tribuana, PC PMII Depok, FKKUKD – PGLII, FMKI, ISKA, Pengurus Kerawam dan Haak Paroki Depok, PGN, Ketua Dewan Pembina Pemuda Katolik, dan anggota Pemuda Katolik Kab. Bogor dan Kota Bogor.

Sumber: kastra.co

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*