Thursday, June 20, 2024

Siap Gelar KKM, Pemuda Katolik Banten Fokus Penguatan Kader Penggerak Ekonomi Kerakyatan berbasis Digital

Must Read

Pemudakatolik.or.id, Tanggerang – Pemuda Katolik Komisariat Daerah (Komda) Banten segera menggelar Kursus Kepemimpinan Menengah (KKM) dengan target peserta adalah kader-kader Pemuda Katolik (PK) Regio Jawa. Kegiatan ini akan berlangsung di Sekolah Stella Maris BSD, Tangerang Selatan, Banten, Sabtu-Minggu, (2-3 Maret 2024).

Sesuai dengan tempat penyelenggaraannya, KKM kali ini dipercayakan kepada Pemuda Katolik Komisariat Cabang (Komcab) Tangerang Selatan sebagai penanggung jawab..

Melalui tema “Kader sebagai Penggerak Ekonomi Kerakyatan Berbasis Digital Demi Mewujudkan Kesejahteraan Bersama”, tiap peserta diajak untuk mengenal lebih jauh tentang Pemuda Katolik dan perannya dalam kehidupan masyarakat. Juga, di era serba digital seperti sekarang tiap kader diharapkan bisa menjadi pioneer untuk gerakan ekonomi dan mampu memanfaatkan teknologi digital di tengah masyarakat.

Sementara bagaimana kader Pemuda Katolik sebagai anggota Gereja Katolik nantinya mampu berperan aktif dan mampu menunjukan iman katolik di tengah masyarakat, akan dibawakan langsung oleh Romo Moderator Pemuda Katolik Komda Banten Romo RD Irwan Sinurat.

Ketua Umum Pengurus Pusat Pemuda Katolik, Stefanus Asat Gusma beserta jajaran Team Ekonomi Kreatif, dijadwalkan hadir untuk memberikan menguatkan kader-kader PK supaya terus bertransformasi sesuai dengan tuntutan digital saat ini. Topik yang akan ia bawakan adalah “Change Management: Transformasi Digital Organisasi”.

Selain itu, ada sejumlah pembicara sesuai bidangnya yang akan hadir memberikan penguatan serta pendampingan, baik yang berasal dari internal Pemuda Katolik maupun pembicara yang dihadirkan untuk membantu peserta makin memahami perannya sebagai anggota PK, sekaligus warga Gereja yang terlibat dalam kehidupan masyarakat luas.

Ketua Komcab Pemuda Katolik Tangerang Selatan sekaligus Ketua OC KKM ini, Rikardus Jelahu, berharap agar kegiatan KKM yang jadi salah satu kegiatan kaderasasi PK berjenjang ini bisa berlangsung dengan baik. “Meski ini baru pertama ditunjuk sebagai panitia pelaksana KKM bagi PK Komcab Tangerang Selatan, namun kita percaya kegiatan kita ini bisa berlangsung dengan baik dan sukses. Kita harus tetap solid untuk menyukseskan acara ini,” ujarnya.

Chandra Firmanto (Ketua Pemuda Katolik Komda Banten)

Harapan agar kegiatan kaderisasi ini berjalan baik dan sukses juga ditegaskan oleh Ketua Pemuda Katolik Komda Banten, Chandra Firmanto. Menurutnya, kaderisasi Pemuda Katolik terus dilakukan sehingga anggota Pemuda Katolik bisa mempersiapkan diri dengan baik untuk menjadi pemimpin-pemimpin andal di kemudian hari juga mempuyai kemampuan dalam  pengelolaan organisasi secara modern menyikapi situsi di era digital sesuai tagline Reborn and Go Futhere juga mampu mewujudkan adanya kegiatan ekonomi di setiap komcab dalam mendukung kegiatan kegiatan di komcab sebagaimana target kepengurusan Komda Banten dapat menciptakan banyak kader-kader Entrepreneur.

Kaderisasi Pemuda Katolik

Secara umum, Chandra Firmanto menambahkan, jenjang kaderisasi dalam Pemuda Katolik ada tiga level. Pertama, Kursus Kepemimpinan Dasar atau KKD. Kedua, Kursus Kepemimpinan Menengah atau KKM. Ketiga, Kursus Kepemimpinan Lanjut (KKL).

“Semua anggota PK wajib mengikuti semua jenjang kaderiasi tersebut. Setelah Masa Penerimaan Anggota (Mapenta), setiap Kader PK diharapkan dapat mengikuti KKD, KKM, dan KKL. Pada tiap jenjang kaderisasi ini, kader PK akan dinilai dan dilihat potensinya,” ujar Chandra Firmanto.

Dalam teknis pelaksanannya, KKD dilaksanakan di tingkat Kabupaten/Kota dan digelar oleh Komisariat Cabang atau Komcab. Sementara KKM dilakukan di tingkat Provinsi, dengan Komisariat Daerah atau Komda sebagai penyelenggara, seperti yang akan dilakukan ini. Lalu, KKL digelar di tingkat Pusat, oleh Pengurus Pusat Pemuda Katolik.

Rencananya, akhir Maret nanti, KKL akan digelar oleh Pengurus Pusat Pemuda Katolik. Karena itu, KKM Komda Banten ini menjadi alat ukur bagi anggota PK di Banten dan sekitarnya, agar nantinya mampu direkomendasikan untuk mengikuti KKL di tingkat pusat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
Latest News

Kolaborasi dengan OMK, Pemuda Katolik Bengkulu Sukses Ciptakan Don Bosco CUP

Pemudakatolik.or.id, Bengkulu - Maraknya peran pemuda saat ini menjadi tolak ukur tongkat kepemimpinan masa depan, baik untuk gereja, masyarakat,...
spot_img

More Articles Like This