Thursday, June 20, 2024

Prof. Dr. PM Laksono, M.A Mengajak Generasi Muda Papua Setia Pada Detail

Must Read

Pemuda Katolik.or.id, Salatiga –  Prof. Dr. PM Laksono, M.A, Guru Besar Antropologi, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Gadjah Mada mengisi materi Pelatihan Analisis Sosial dan Penulisan Esai Bagi Mahasiswa Papua di Gedung F Kampus Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Jumat 9 Desember 2022. Kedatangannya ke kampus Indonesia Mini (julukan UKSW) mengundang antusiasme peserta pelatihan.

Prof. Dr. PM Laksono sajikan materi pelatihan tentang berpikir detail. Menurutnya kalau mau jadi penulis yang handal maka harus setia pada detail. Berpikir detail adalah cara berpikir yang mampu menguraikan dan menggambarkan secara lengkap dan tersistematis tentang apa yang harus dilakukan, bahkan hingga tingkat memeta implikasi, resiko serta antisipasinya.

Berpikir detail butuh proses dan rintingan. Salah satu syarat berpikir detail adalah terus bertanya. Dengan terus bertanya kita mendapatkan banyak jawaban. Kebanyakan orang tidak mau berpikir detail sehingga lebih cepat menyimpulkan atau membuat pernyataan. Orang yang tidak mau berpikir detail akan buat pernyataan, sedangkan orang yang berpikir detail akan terus buat pertanyaan. Dengan terus bertanya akan mendapatkan banyak jawaban yang bisa membantu menyelesaikan berbagai persoalan sosial. Untuk itu, Prof. Dr. PM Laksono mengajak generasi muda Papua untuk setia pada detail.

Materi selama 3 jam dibuat lebih santai dengan permainan kartu dan ular tangga. Dengan game para peserta diajarkan untuk mengidentifikasi suatu persoalan secara detail dan memberikan solusi. Permainan kartu dan ular tangga tersebut merupakan produk penelitian Prof. Dr. PM Laksono yang sudah diterapkan pada masyarakat Kabupaten Sumba Barat (Daya) untuk mengatasi persoalan pangan. Dengan game tersebut masyarakat bisa dapat mengidentifikasi persoalan pangan dan mencari solusi bersama dalam komunitasnya.

Pelatihan ini diselenggarakan selama 7 hari, mulai 08-16 Desember 2022. Pelatihan dengan mengangkat tema “ Bersama Menulis Papua” ini merupakan kegiatan kolaboratif antara UKSW dengan BRIN, UGM, Universitas Brawijaya Malang-Malang dan Departemen Gugus Tugas Papua Pengurus Pusat Pemuda Katolik. Adapun narasumber yang diundang menjadi pemateri adalah Prof. Dr. PM Laksono, M.A (Guru Besar Antropologi, FIB, UGM), Dr. Riwanto Tirtosudarmo M.A (Peneliti Sosial Independen), Prof. (ris) Dr. Cahyo Pamungkas (Peneliti BRIN), Dr. Thung Julan (Peneliti BRIN), Luis Feneteruma, SH (Peneliti BRIN), Dewi Arum Nawang Wungu S.IP., M.I.P (Dosen Universitas Brawijaya), Haryani Saptaningtyas SP, MSc. Ph.D (Direktur Percik Institute, Salatiga), Dr. J Mardimin, M.Si (Dosen UKSW), Pdt. Izak Lattu, Ph.D (Dosen UKSW), Melkior N.N Sitokdana, S.Kom., M.Eng (Dosen UKSW) dan Evangs Mailoa, S.Kom., M.Cs (Dosen UKSW).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
Latest News

Kolaborasi dengan OMK, Pemuda Katolik Bengkulu Sukses Ciptakan Don Bosco CUP

Pemudakatolik.or.id, Bengkulu - Maraknya peran pemuda saat ini menjadi tolak ukur tongkat kepemimpinan masa depan, baik untuk gereja, masyarakat,...
spot_img

More Articles Like This