Thursday, July 18, 2024

Peran Pemuda Katolik Gunung Kidul Meningkatkan Partisipasi Politik Menyongsong Pemilu Serentak 2024

Must Read

Pemudakatolik.or.id, Wonosari –  Pemuda Katolik Gunung Kidul bekerja sama dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Gunung Kidul menyelenggarakan seminar dengan tema “Peran Ormas untuk Meningkatkan Partisipasi Politik Menyongsong Pemilu Serentak 2024”.

Kegiatan diselenggarakan di Aula Gereja St. Petrus Kanisius Wonosari Gunung Kidul,  Sabtu, (2/8). Kegiatan ini juga dihadiri perwakilan ormas Katolik Gunung Kidul, OMK dari Paroki St. Petrus Kanisius Wonosari dan Santo Petrus dan Paulus Kelor, dan Pemuda Katolik Komda DIY, Komcab Kota Yogyakarta, serta Komcab Bantul.

Tiga orang narasumber dihadirkan dalam kegiatan ini, yaitu Johan Eko Sudarto (Kepala Bakesbangpol Gunung Kidul), Is Sumarsono (Kepala Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu Gunung Kidul), dan Heri Nugroho S.S. (Wakil Ketua DPRD Gunung Kidul).

“Pemerintah membutuhkan partisipasi masyarakat dalam proses pesta demokrasi agar agenda besar pemilihan para wakil rakyat yang akan duduk di DPR/DPRD serta pemilihan presiden dapat berjalan dengan lancar. Jangan sampai karena perbedaan pilihan dan kepentingan menyebabkan hilangnya modal sosial guyub rukun di tengah masyarakat,” demikian salah satu pesan yang disampaikan oleh Johan Eko Sudarto.

Sementara itu, Heri Nugroho S.S. menyoroti perlunya generasi muda masuk menjadi anggota legislatif agar kinerja DPRD bisa lebih optimal dengan adanya darah muda. Dia berharap agar Pemuda Katolik sebagai ormas dapat menjadi kompor penggerak pencerdasan masyarakat dan penyadaran pemilih agar mau datang ke TPS untuk memberikan suaranya.

Politik uang yang menjadi keresahan berbagai pihak juga tidak luput dari sorotan para narasumber. Is Sumarsono menekankan pentingnya pencegahan politik uang dalam pemilu. Politik uang harus dihindari agar bisa menciptakan pemilu yang berkualitas sehingga orang-orang yang duduk di posisi pengambil kebijakan adalah orang-orang yang berkualitas.

Seusai kegiatan seminar ini, acara dilanjutkan dengan Musyawarah Komisariat Cabang Pemuda Katolik Kabupaten Gunung Kidul. Muskomcab yang diselenggarakan menetapkan Aloysius Danang Mujiantoro sebagai Ketua Pemuda Katolik Komisariat Cabang Kabupaten Gunung Kidul untuk periode 2022-2025. Dalam sambutannya, Aloysius Danang Mujiantoro menekankan pentingnya Pemuda Katolik menjadi organisasi yang mengakar dan berkiprah langsung di tengah-tengah masyarakat.Gunung Kidul memiliki banyak potensi yang perlu dikembangkan dan membutuhkan sinergi dengan para pemuda agar mempercepat pembangunan dan kemajuan di Kabupaten Gunung Kidul.

Yohanes Gandung Widiyantoro selaku Ketua Pemuda Katolik Komda DIY memberikan arahan agar Pemuda Katolik di Kabupaten Gunung Kidul dapat tumbuh berkembang dan mampu bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul dalam menyelesaikan persoalan-persoalan yang dihadapi oleh masyarakat sebagaimana pesan Wakil Ketua DPRD Gunung Kidul agar Pemuda Katolik dapat menjadi terang di tengah kegelapan, tongkat di jalan yang licin, dan payung di musim hujan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
Latest News

Pemuda Katolik Sulteng Jejaki Kerjasama dengan Perwakilan Bursa Efek Indonesia

Pemudakatolik.or.id, Palu - Pengurus Pemuda Katolik Komisariat Daerah (KOMDA) Sulawesi Tengah (Sulteng) menerima kunjungan silaturahmi Kepala Perwakilan Bursa Efek...
spot_img

More Articles Like This