Sunday, November 27, 2022

Pemuda Katolik Purworejo Jaring Kader Lewat Musik dan Ekaristi

Must Read

Pemudakatolik.or.id, Purworejo – Setelah dua tahun tiada bertemu, 300-an Orang Muda Katolik (OMK) Dekenat Timur Keuskupan Purwokerto kembali berpelukan.

Di halaman dan aula SD Maria Purworejo, Sabtu – Minggu (12-13/11/2022) puluhan kader Pemuda Katolik Komisariat Cabang (Komcab) Purworejo berbaur dengan ratusan OMK asal lima Paroki dari dua kabupaten yang terletak di sisi timur Keuskupan Purwokerto, Provinsi Jawa Tengah.

Ekaristi Kaum Muda itulah agenda yang telah menjadi program kerja seksi Kepemudaan Dekenat Timur yang rutin di gelar setiap tiga bulan sekali, namun kegiatan ini harus dihentikan selama masa Pademi Covid dan baru digelar setelah mendapat izin dari pastor dekenat. “Setelah mendapat izin kegiatan Ekaristi Kaum Muda ini bisa dilaksanakan dengan harapan semakin banyak orang muda Katolik yang terpanggil untuk menghayati Ekaristi dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Pastor Moderator OMK Christuan Reza, MSC saat membuka acara.

Peserta EKM larut dalam lagu lagu yang di mainkan GBK band. Mereka tampak mengibarkan bendera bendera OMK masing masing Paroki/Dok, Ist

Gregorius Istas, Ketua Pemuda Katolik Komcab Purworejo dan sekaligus Penanggungjawab kegiatan menjelaskan, kegiatan Ekaristi Kaum Muda diikuti oleh OMK tiga Paroki di Kabupaten Purworejo dan OMK dua Paroki dari Kabupaten Wonosobo.

Khusus dari Kabupaten Purworejo, Istas meminta kepada semua kader Pemuda Katolik, untuk mendampingi OMK dari paroki masing – masing. Hal ini menjadi salah satu cara untuk mengenalkan Ormas Pemuda Katolik kepada adik – adik OMK di Kabupaten Purworejo dan tentunya akan berpengaruh bagi OMK asal Kabupaten Wonosobo yang hingga kini belum memeliki kepengurusan Pemuda Katolik.

Menurutnya hal ini sangat efektif sebagai cara menarik anggota ataupun kader-kader baru. Rencananya beberapa bulan kedepan akan segera digelar Mapenta dan juga Kursus Kepemimpinan Dasar (KKD). Selain hal tersebut, Komcab Purworejo akan segara melakukan pembentukan pengurus Komisariat Anak Cabang di beberapa Kecamatan yang ada di Kabupaten Purworejo.

Seperti tajuk rencana, kegiatan ini merupakan kegaiatan rohani bagi kaum muda gereja (Ekaristi Kaum Muda/EKM) namun dikemas dalam bentuk yang berbeda. Selain permainan – permainan untuk membangun karakter dan spiritual Katolik, dan tentunya Perayaan Ekaristi harus menjadi menu wajibnya. Namun ada nuasa berbeda dibanding EKM sebelumnya. Grup band Taksu asal Yogyakarta pun turut manggung di sini.

Kehadiran Taksu band dikarenakan  2 personilnya merupakan kader fungsionaris Pemuda Katolik Komcab Purworejo. Felik sang “pemijat” keybord serta Dessy Nugraha pemetik gitar bass. Selain itu grup band milik mereka OMK Purworejo “GBK” band turut menghangatkan Minggu pagi. Bagi millenial Keuskupan Purwokerto GBK tidaklah asing bagi penampilan GBK minggu pagi kala itu, di meriahkan oleh lantunan lagu lagu reggae oleh “Uncle Jink”

Taksu band perfomr dihadapan peserta EKM.Felik posisi keybord tengah menyapa pengemarnya (kanan) sementara Dessy (paling kiri) gitar bass turut menikmati suasana. Kedua musisik Taksu band adalah kader pemuda katolik Komcab Purworejo/Dok. Ist

Dikesempatan tersebut, tampak hadir Pengurus dan Pembina Pemuda Katolik Komisariat Daerah Jawa Tengah diantaranya, Yohanes Kuswarih, Masyok serta Temon yang menemani sejak Sabtu malam hingga berakhir pada Minggu siang.

Kehadiran ketiga tokoh ini tentu untuk mensupport kader Pemuda Katolik Komcab Purworejo yang baru seminggu lalu usai mengelar event Gowes atau Sepeda Santai yang di hadiran Wakil Bupati serta pejabat pemkab lainnya, dalam rangka peringatan hari Pahlawan serta Dies Natalis 77 tahun Pemuda Katolik.

A. Santos (Purworejo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
Latest News

Berjalan Bersama, Pemuda Katolik Cianjur Tanggap Bencana

Pemuda Katolik Komisariat Cabang (Komcab) Kabupaten Cianjur turut terjun untuk membantu penanganan bencana gempa bumi di Kabupatem Cianjur, Jawa...
spot_img

More Articles Like This