Thursday, May 30, 2024

Sumpah Pemuda, Pemuda Katolik Jakarta Pusat Akan Gelar Napak Tilas

Must Read

Pemudakatolik.or.id, Jakarta – Bertempat di pastoran gereja Katedral pada Sabtu, 22 Oktober 2022, Sejumlah Pengurus Pemuda Katolik Komisariat Cabang (Komcab) Jakarta Pusat melakukan audiensi dengan Pastor Paroki Katedral Jakarta Pusat.

Audiensi ini dalam rangka mempersiapkan kegiatan Napak Tilas Sumpah Pemuda yg akan diikuti oleh berbagi ormas kepemudaan se-Jakarta Pusat.

Kegiatan ini rencana akan dilaksanakan pada Sabtu, 29 Oktober 2022. Napak Tilas ini akan dimulai dari Katedral dan diakhiri di Museum Sumpah Pemuda.

Romo Hani Rudi Hartoko, SJ selaku pastor kepala paroki Katedral menyampaikan, bahwa Gereja Katedral menjadi bagian penting dari peristiwa Sumpah Pemuda, karena kongres Pemuda II hari pertama dilaksanakan di gedung Katholieke Jongelingen Bond (KJB) yang saat ini berada di kompleks Gereja Katedral Jakarta.

“Gereja Katolik ikut mendukung pelaksanaan Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928” ujar Romo Hani, sapaan akrabnya.

“Hal ini menunjukkan bahwa Gereja Katolik ikut berkomitmen untuk mewujudkan persatuan Indonesia sejak sebelum masa kemerdekaan”, pungkas Romo Hani.

Selain itu, Yulius Wahyu Tri Utomo, selaku Ketua Pemuda Katolik Komcab Jakarta Pusat mengungkapkan bahwa kegiatan Napak Tilas Sumpah Pemuda yang akan dilaksanakan ini menjadi momen penting untuk menggelorakan semangat persatuan di antara para pemuda Indonesia tanpa memandang suku, agama, ras, antar kepercayaan, maupun status dan gendernya.

“Kegiatan ini akan diikuti oleh organisasi kepemudaan, organisasi mahasiswa, juga kelompok pemuda lintas iman, untuk membangun kembali kebersamaan antar pemuda di Indonesia, yang dimulai dari Jakarta Pusat” tutur Wahyu, panggilan akrabnya.

“Polaritas yang terjadi di tahun politik dapat dengan mudah kita bendung jika pemuda bersatu” tegas Wahyu.

Lebih lanjut, Idaman Jaya Mendrofa selalu ketua panitia mengharapkan agar acara ini dapat berjalan dengan lancar.

“Acara ini sangat penting untuk mengenang kembali persatuan pemuda untuk Indonesia di dalam peristiwa Sumpah Pemuda” tutup Jaya.

Turut hadir juga dalam kegiatan ini Yakob Jati Ketua Bidang Lingkungan dan Emannuel Maga yang juga adalah panitia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
Latest News

Simak Pesan Uskup Agung Palembang untuk Pemuda Katolik Bengkulu

Pemudakatolik.or.id, Bengkulu - Pada Minggu, 26 Mei 2024, Pemuda Katolik Bengkulu mendapat kesempatan berharga untuk beraudiensi dengan Uskup Agung...
spot_img

More Articles Like This