Tuesday, August 16, 2022

Pelantikan Pemuda Katolik Komda DIY: Kembali Ke Marwah

Must Read

Pemudakatolik.or.id, Yogyakarta – Amor Gignit Amore (cinta menumbuhkan cinta yang lain), menjadi tema dalam Pelantikan Pengurus Komisariat Daerah Istimewa Yogyakarta periode 2022 s/d 2025, Sabtu, (23/7/ 2022)

Bertempat di Wisma Rosari Gereja Hati Kudus Tuhan Yesus (HKTY) Pugeran, jalan Suryaden 63 Yogyakarta, Stefanus Asat Gusma, selaku Ketua Umum Pemuda Katolik dalam sambutannya mengingatkan para pengurus Pemuda Katolik DIY untuk tetap menjaga marwah Pemuda Katolik, yang dilahirkan di Yogyakarta pada 1 Agustus 1929.

“Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan tempat kelahiran cikal bakal Pemuda Katolik. Maka Komisariat Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi salah satu Komda yang istimewa, maka keistimewaan itu perlu dijaga”, demikian pesan Gusma.

Gusma juga menekankan 6 kluster yang menjadi perhatian Pemuda Katolik, yaitu; Aparatur Sipil Negara (ASN), jurnalis, bidang hukum, UMKM, pengusaha dan pembangunan desa.

Perlunya Pemuda Katolik untuk lebih banyak berperan dalam permasalahan kemasyarakatan juga ditekankan oleh anggota DPD RI yang juga permaisuri raja Kraton Yogyakarta, GKR Hemas.

“Pemuda Katolik saya harap dapat lebih banyak berperan membantu permasalahan-permasalahan kemasyarakatan. Di antaranya masalah stunting (gizi buruk) dan permasalahan lingkungan terkait dengan darurat sampah”, ujar Hemas sambil meminta agar Pemuda Katolik ikut membantu pemerintah daerah dalam mensosialisasikan keistimewaan DIY.

Sementara itu, Romo Rosarius Sapta Nugroho, dalam sambutannya berpesan kepada Pemuda Katolik Komda DIY untuk menjadi agen perubahan dan transformasi dalam pelayanan dan karya kemanusiaan.

Ia juga mengingatkan, bahwa perubahan sejarah bangsa Indonesia tidak lepas dari pergerakan kaum muda. “Pemuda Katolik menjadi bagian penting dalam perubahan zaman, maka diharapkan konsisten menjadi penggerak dinamika bangsa dan masyarakat”, pesan Romo Ketua Komisi PK3 Kevikepan Yogyakarta Timur tersebut.

Semangat Baru

Pelantikan Pengurus Pemuda Katolik Komda DIY turut dihadiri oleh perwakilan dari Ormas-ormas yang tergabung dalam Forum Masyarakat Katolik Indonesia (FMKI), PMKRI, ISKA dan Ormas Kepemudaan lainnya. Diantaranya, GP Ansor, GMKI, dan KNPI.

Para Pengurus Pemuda Katolik Komda DIY periode 2022-2025 berfoto bersama GKR.Hemas

Sementara itu dari Pengurus Pusat Pemuda Katolik yang hadir adalah, Ketua Umum PP Pemuda Katolik Stefanus Asat Gusma, Ketua Bidang Hubungan Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) dan Antar Lembaga Robertus Bondan Wicaksono, Wakil Sekjen Bidang Organisasi dan Keanggotaan Melkianus Da Costa Pires, dan Venny Veronica sebagai Wakil Bendahara Umum Pengurus Pusat Pemuda Katolik.

Selain itu perwakilan Pemuda Katolik dari Komda Jawa Tengah, Komcab Semarang, Komcab Bantul, Komcab Sleman, Komcab Yogyakarta juga hadir. Romo FX.Sukendar, selaku pastur Paroki HKTY Pugeran, dan sejumlah perwakilan dari Alumni Pemuda Katolik DIY.

Berikut susunan Pengurus Pemuda Katolik Komda DIY Periode 2022-2025.

Moderator
Romo Gregorius Prima Dedy Saputra, Pr dari Paroki St.Petrus dan Paulus Klepu.

Dewan Pembina:
Dr. B. Wibowo Suliantoro; Johanes Bambang Sudjono; Matheus Haryan.

Pengurus Komda DIY
Yohanes Gandung Widiyantoro (Ketua Komda)
Yohanes Iskandar Adi Nugroho (Sekretaris)
Regina Cristantia Karmelia Senduk (Bendahara)

  • G.Indra Widi Tamtama (Ketua Bidang Organisaisi, Keanggotaan dan Kaderisasi)
  • Bernadeta Wiska Pramestia Bertina (Ketua Bidang Kepemudaan, Olahraga, Budaya dan Pariwisata)
  • Aloysius Fakriyanto (Ketua Bidang Politik, Hukum, Keamanan, HAM dan Keistimewaan DIY)
  • Fransiskus Kurniawan Dwi Aprianto (Ketua Bidang Pendidikan dan IPTEK)
  • Chionia Mizerofa Gaby Anjani Aryudi (Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga, Agama, dan OKP)
  • Monica Asta Mahardika (Ketua Bidang Pemberdayaan Perempuan)
  • Antonius Setyo Cahyo Afrianto (Ketua Bidang Kesehatan, Sosial, dan Tanggap Bencana)
  • Stepanus Tri Hartanto (Ketua Bidang Pertanian, Perdagangan, dan Industri)
  • Stephanus Wempi Gunarto (Ketua Bidang Kominfo dan Ekonomi Kreatif)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
Latest News

Ulang Tahun Gua Maria Kerep Ambarawa, Pemuda Katolik Tandu Arca Maria

Pemudakatolik.or.id - Ormas Pemuda Katolik yang dikenal berkiprah pada misi-misi ad-extra (Misi Keluar Gereja) harus juga memiliki akar identitas...
spot_img

More Articles Like This