Saturday, April 13, 2024

Mengintip Kesetiaan Pemuda Katolik Malang Siapkan Menu Berbuka Puasa Bersama Anak Disabilitas

Must Read

Pemudakatolik.or.id, Malang – Bulan Suci Ramadhan adalah bulan sakral bagi umat Muslim. Selama satu bulan penuh, umat Muslim melaksanakan puasa dan mengisi hari-hari dengan berbagai kegiatan keagamaan.

Dalam kekhusyukkan menjalani ibadah puasa, Pemuda Katolik Komisariat Cabang (Komcab) Malang menunjukkan rasa toleransi dengan mengadakan kegiatan sederhana; pembagian takjil dan buka puasa bersama yang semakin menambah sausana harmoni di Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Bertempat di Sekretariat Pemuda Katolik Komcab Malang, mereka menyiapkan dapur untuk memasak menu berbuka puasa. Kader Pemuda Katolik dibantu ibu-ibu Muslim setempat dengan sepenuh hati menyiapkan segala sesuatunya, mulai dari menu takjil yang akan dibagikan sampai menu berbuka puasa.

Ibu-ibu dan adik-adik dari Yayasan Kartika Mutiara mempersiapkan menu berbuka puasa

Ketua Pemuda Katolik Komcab Malang, Anselmus Haryo mengatakan bahwa kegiatan telah berlangsung setiap Minggu selama Ramadhan. “Kalau bagi sahabat-sahabat kami umat Muslim ada “Jumat Berkah”, kegiatan ini kami namai “Minggu Kasih”, ujar Anselmo.

Pada Minggu terakhir (16/4) kegiatan terasa lebih syahdu oleh kehadiran dan sinergi para pemuda lintas iman, mulai dari Babinsa Pakisaji, Pecalang, Banser, Pemuda Islam, Milenial Utas Kabupaten Malang, dan KNPI Kabupaten Malang. Mereka berkumpul di Sekretariat Komcab Malang.

“Kebersamaan ini diadakan oleh Pemuda katolik Komcab Malang untuk membangun kebersamaan antar umat beragama dan berbagi kebahagiaan bersama adik-adik disabilitas…” kata Anselmo.

Kader Pemuda Katolik Malang mempersiapkan makanan berbuka puasa, Malang (16/4)

Babinsa Pakisaji, Bapak Tri Djoko mendukung kegiatan yang digagas Pemuda Katolik Malang. “Koramil melihat kegiatan ini sangat baik untuk menjalin kerukunan umat dan memberi kebahagiaan adik-adik disabilitas untuk dapat berkumpul bersama..” ungkap Bapak Tri Djoko.

Miliki Satgas Salib Kuning Paskokat

Pemuda Katolik memiliki Satgas Paskokat yang dibentuk pada tahun 1965 dan diresmikan oleh Uskup Agung Jakarta Mgr. A Djajasepoetra, SJ. Di Malang, Satgas ini masih ada dan lebih dikenal sebagai Satgas Salib Kuning (Yellow Cross). Satgas ini juga masih difungsikan untuk kegiatan-kegiatan pengamanan acara keagamaan. Terakhir, Satgas Salib Kuning terlihat sedang membantu pengamanan upacara Pawai Ogoh-ogoh menjelang Hari Raya Nyepi umat Hindu.

Satgas Salib Kuning dalam tugas pengamanan pawai Ogoh-ogoh menyambut Hari Raya Nyepi, Malang.

Sekretariat Pemuda Katolik Dijadikan Rumah Galeri Karya Seni Disabilitas

Kepekaan sosial kader Pemuda Katolik di Malang bukan hanya dalam kegiatan insidental Ramadhan dan hari-hari besar lainnya. Sekretariat Pemuda Katolik Komcab Malang sudah lama dijadikan sebagai Rumah Galery karya dari adik-adik penyandang disabilitas yayasan Kartika Mutiara.

Adik-adik dari Yayasan Kartika Mutiara sedang membuat karya kerajinan

Di ruangan sekretariat Pemuda Katolik Malang terdapat karya-karya dari adik-adik disabilitas Yayasan Kartika Mutiara dipajang.

Sebagian hasil karya anak disabilitas yang dipajang di Sekretariat Pemuda Katolik Malang

“Kami hanya membantu adik-adik disabilitas dari Yayasan Kartika Mutiara dengan menjadikan sekertariat kami sebagai galeri karya mereka…”, tutup Anselmus Haryo.*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
Latest News

Pemuda Katolik Apresiasi Kehadiran Wali Kota Binjai Saat Perayaan Paskah

Pemudakatolik.or.id, Binjai - Dalam rangka meningkatkan toleransi antar umat beragama di Kota Binjai, Wali Kota Binjai hadiri perayaan Paskah....
spot_img

More Articles Like This