Sunday, September 25, 2022

Aksi Paskah, Pemuda Katolik Komcab Klaten Dan Paroki Jombor Gelar Baksos Pengobatan Gratis Di Pedan

Must Read

Pemuda Katolik Komisariat Cabang (Komcab) Kabupaten Klaten bekerjasama dengan Tim Kesehatan Paroki Santa Theresia Jombor mengadakan bakti sosial (baksos) pengobatan dan pemeriksaan kesehatan gratis untuk masyarakat umum di Gereja Katolik Santo Paulus Pedan pada Minggu (10/4/2022).

Bakti sosial pengobatan dan pemeriksaan kesehatan gratis ini diadakan dalam rangka aksi Paskah 2022.

Secara bersamaan, di Gereja Paroki Santa Theresia Jombor juga diadakan aksi donor darah.

Aksi sosial yang menghadirkan para dokter dan tenaga kesehatan (nakes) berpengalaman ini disambut dengan antusias oleh warga sekitar. Ini terlihat dari banyaknya warga yang datang berpartisipasi sejak pukul 09.00 WIB setelah Misa Minggu Palma usai.

Tak hanya untuk berobat, banyak juga warga yang datang hanya untuk pengecekan kesehatan mereka. Dengan sigap dan ramah, para kader Pemuda Katolik Klaten bersama para nakes menyambut dan melayani masyarakat yang akan berobat.

Baksos pengobatan dan pemeriksaan kesehatan gratis ini juga melibatkan sejumlah dokter spesialis, seperti Spesialis Penyakit Dalam, Spesialis Mata, Spesialis Bedah dan Spesialis Bedah Tulang (Orthopedi).

Aksi sosial di tengah pandemi Covid-19 yang belum berakhir ini menjadi terasa bermakna bagi warga yang membutuhkan layanan kesehatan.

Dokter Lucia Hetty Pudjiastuti, Sp.M yang juga merupakan kader Pemuda Katolik Komcab Kabupaten Klaten ini mengaku bersyukur bisa terlibat dalam baksos pengobatan dan pemeriksaan kesehatan gratis itu.

“Kami bersyukur bisa menyelenggarakan aksi ini. Aksi sosial ini adalah kerinduan kami sejak sekitar dua tahun lalu akibat pandemi (Covid-19) yang tak kunjung berakhir. Kami rindu melayani umat dan warga yang membutuhkan layanan kesehatan gratis. Namun tenaga dan waktu kami selama ini, sudah habis untuk berpelayanan di unit kesehatan kami masing-masing. Atas dukungan penuh dari Paroki Santa Theresia Jombor dan kawan-kawan Tim Kesehatan Paroki yang luar biasa, akhirnya aksi ini dapat diselenggarakan dengan penuh semangat,” kata Lucia.

Sedang Ketua Terpilih Pemuda Katolik Komcab Kabupaten Klaten, Yohanes Eko Priyo Wibowo menyampaikan, keterlibatan Pemuda Katolik Komcab Klaten dalam aksi sosial ini akan menjadi pembuka jalan menyambut pelantikan Pengurus Pemuda Katolik Komcab Kabupaten Klaten periode 2022-2025 yang rencananya akan dilaksanakan pada bulan Mei nanti.

Reborn and grow further adalah visi Kepengurusan Pemuda Katolik periode ini dibawah kepemimpinan Ketua Umum Stefanus Asat Gusma. Kami perlu lahir kembali dan bertumbuh di tengah-tengah umat dan masyarakat. Maka sebagai agenda pra pelantikan, kami mengawalinya dengan aksi bersama para nakes terbaik yang dimiliki Paroki Jombor,” ungkap Eko.

Bakti sosial pengobatan dan pemeriksaan kesehatan gratis ini juga mendapat dukungan penuh dari Pemuda Katolik Komisariat Daerah (Komda) Jawa Tengah yang baru dilantik di Semarang pada Sabtu (9/4/2022) lalu. Perwakilan dari Pemuda Katolik Komda Jateng turut hadir pada baksos ini.

“Kami bangga dan akan terus men-support setiap aksi-aksi di daerah yang bermanfaat bagi masyarakat. Sesuai dengan semangat Pro Ecclesia Et Patria, kami akan mendistribusikan kader-kader terbaik Pemuda Katolik bagi Gereja dan Bangsa, sesuai klastering kemampuan masing-masing kader,” ujar Sekretaris Pemuda Katolik Komda Jawa Tengah, Gregorius Angger. (Wartakita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
Latest News

Menyoal Kasus Mutilasi 4 Warga Timika, Pemuda Katolik: Ini Perbuatan Merendahkan Martabat Manusia

Pemudakatolik.or.id, Papua - Berita mengejutkan datang dari Timika, Papua. Empat orang warga sipil Timika dimutilasi. Pembunuhan yang terjadi 22 Agustus...
spot_img

More Articles Like This