Sunday, November 27, 2022

Rakerda Jateng, Ada Gernas Petra Digital dan SATRIYA

Must Read

Pemudakatolik.or.id, Jateng – Bertempat di Rumah Retret Panti Semedi Klaten, Pemuda Katolik Komisariat Daerah (Komda) Jawa Tengah menyelenggarakan Rapat Kerja Daerah (Rakerda), Sabtu-Minggu (24-25/9).

Rakerda Pemuda Katolik Komda Jateng 2022 juga diisi dengan Seminar Gerakan Nasional Petra Digital mengusung tema “Akselerasi dan Tranformasi Gerakan Pemuda Katolik Dalam Membangun Solidaritas Kader, Kemajuan Digital dan Kebangkitan Ekonomi”.

Baca juga Pemuda Katolik Jawa Tengah Sukses Selenggarakan Rakerda, Ganjar Pranowo Beri Pesan Khusus

Dalam Seminar Petra Digital tersebut, Drs. Anton Lami Suhadi membuka topik seminar dengan mengingatkan kaum muda tentang tata organisasi dan agar ikut terlibat dalam mengawal serta mengimplementasikan perundangan-undangan.

Sementara Bondan Wicaksono, memaparkan banyak hal tentang tantangan dunia digital saat ini dan mendorong literasi digital di kalangan Pemuda Katolik agar terlibat aktif dan produktif serta berimplikasi positif bagi kemajuan ekonomi warga masyarakat. “Pemuda Katolik jangan terlibat sebagai distributor hoax,” ujarnya mengingatkan.

Sukmono Kristanto dari Tim Pokja Aplikasi Petra Desa Terhubung Pemuda Katolik Pusat, sebagai pembicara terakhir mengundang kawan-kawan Pemuda Katolik untuk menjadi bagian dari entitas digital. “Pengurus Pusat memiliki aplikasi Desa Terhubung. Mari bersama kita realisasikan dukungan kita bagi kemajuan ekonomi warga masyarakat dengan ambil bagian di aplikasi Desa Terhubung ini,” pungkasnya.

Setelah sesi seminar berakhir, dilanjutkan dengan Rapat Kerja yg diikuti oleh utusan masing-masing Komcab. Rapat dibagi dalam dua (2) komisi, yang masing-masing membahas rekomendasi gerakan secara internal, yaitu tata kelola dan upaya-upaya konsolidasi organisasi serta komisi eksternal, yang merekomendasikan klasterisasi dan distribusi kader agar gerakan Pemuda Katolik dapat lebih hidup dan dirasakan nyata oleh masyarakat. Rapat masing-masing komisi ditutup dengan Sidang Pleno yang berlangsung cukup ramai dengan banyaknya interupsi dan diskusi untuk penajaman isi program kerja oleh para peserta sidang dan berakhir hingga sekitar pukul 01.00 wib dinihari.

Sepanjang agenda Rakerda, SATRIYA sebagai Satuan Teritorial dan Pelayanan dibawah Komandan FX. Eko Wijayanto sukses mengamankan situasi dan mensupport seluruh rangkaian acara dari awal hingga akhir. Keberadaan dan aktivitas Badan Sayap Organisasi ini diapresiasi langsung oleh Pengurus Pusat dan menjadi salah satu program rintisan dari Komda Jawa Tengah yang akan dibawa ke seluruh jajaran kepengurusan Pemuda Katolik se-Indonesia, seperti diungkapkan oleh Benny Wijayanto, Kabid Politik dan Kepemiluan Pengurus Pusat Pemuda Katolik, “akan kami support dan sosialisasikan saat keliling Indonesia.”

Sejumlah tamu penting hadir, perwakilan Kesbangpol Provinsi Jawa Tengah, Pradhana, utusan Kakanwil Kemenag provinsi Jateng, Martinus Boin, Anggota DPRD Provinsi Jateng, FX. Sukirno dan Drs. Anton Lami Suhadi, perwakilan Pemda Klaten, Sunarno, Kadisdukcapil, Bakesbangpol Klaten, Iwan Hashadia, Ketua DPRD Klaten, Hamenang Wajar Ismoyo dan Set DPRD, Yokke, Utusan Kecamatan Klaten Utara, Ketua dan Bendahara DPD KNPI Klaten, Marzuki dan Rini Sujarwa, Sekretaris PDNA klaten, Fathiyah, Komunitas lintas iman lainnya, dari STHD Klaten, Pemuda Kristen, FKG, Perwakilan Kapolres, Iptu. Mateus, dan Kodim, Mayor Paulus, serta Ketua Umum PP Pemuda Katolik, Stef. Asat Gusma beserta jajaran Pengurus Pusat Pemuda Katolik, diantaranya Ketua Bidang Hubungan OKP dan Antar Lembaga, Bondan Wicaksono, Ketua Bidang Koperasi dan UMKM, Stefanus Agus Tri Haryanto, Ketua Bidang Politik dan Kepemiluan, Beny Wijayanto, Ketua Bidang Kaderisasi dan Keanggotaan, Aris Retnanto, Wasekbid Perempuan dan Anak, Agustina Doren, Wakil Ketua Departemen Media dan Digitalisasi Program, Fransiska Silolongan.

Sambutan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo disampaikan melalui tayangan video, “Dengan mengingat spirit Mgr. Soegijapranata 100% Katolik, 100% Indonesia, artinya kita mesti sepenuh hati mengamalkan keimanan sekaligus sepenuh hati mengamalkan kehidupan dalam berbangsa dan bernegara. Sehingga dengan agenda ini, bukan hanya teman-teman Pemuda Katolik yg menerima manfaat tetapi kita seluruh warga negara Republik Indonesia juga akan menerima berkahnya.” tutup Ganjar.*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
Latest News

Berjalan Bersama, Pemuda Katolik Cianjur Tanggap Bencana

Pemuda Katolik Komisariat Cabang (Komcab) Kabupaten Cianjur turut terjun untuk membantu penanganan bencana gempa bumi di Kabupatem Cianjur, Jawa...
spot_img

More Articles Like This