Monday, September 26, 2022

Pemuda Katolik Komda Jambi Silaturahmi dengan Bawaslu

Must Read

Pemuda Katolik Komisariat Daerah Jambi melakukan audiensi sekaligus silaturahmi dengan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Jambi, Rabu (6/7/2022).

Ketua Pemuda Katolik Komisariat Daerah Provinsi Jambi, Josep Arjuna Simalango didampingi Ketua Komisariat Cabang Kota Jambi, Sonny JP Pardede beserta anggota, Ferdinan Simalango dan Surya Tambunan disambut oleh Ketua Bawaslu Prov.Jambi, Wein Arifin dan anggota Fahrul Rozi beserta para pegawai di ruangan pertemuan.

Disuasana penuh keakraban, Wein Arifin mengawali pembicaraan dengan memperkenalkan jajaran dilingkungan Bawaslu Jambi yg ikut hadir dalam silaturahmi tersebut antara lain Kepala Sekretariat, Kabag Pengawasan dan Kabag Penyelesaian Sengketa.

“Sebelumnya mohon maaf tidak bisa dihadiri oleh seluruh anggota Bawaslu dikarenakan anggota lain sedang ada keperluan diluar kota sehingga saat ini saya bersama Pak Fahrul Rozi yg ada di Sekretariat beserta beberapa jajaran yg bisa menerima teman-teman,” ujar mantan Ketua KPU Kota Jambi tersebut.

“Kami menyambut baik kehadiran teman-teman Pemuda Katolik Komda Jambi, kami siap jika teman-teman Pemuda Katolik ingin bekerja sama kedepan,” tambahnya.

Ketua Pemuda Katolik Komda Jambi, Josep Arjuna Simalango menjelaskan kedatangan teman-teman Pemuda Katolik untuk bersilaturahmi dan mengenalkan organisasi kepada lembaga-lembaga yang ada di Provinsi Jambi.

“Kami sangat berterimakasih sudah boleh bersilaturahmi. Pemuda Katolik termasuk organisasi kepemudaan yg baru di tingkat Provinsi Jambi, baru berjalan hampir 2 tahun dan sudah ada di 6 Kota/Kabupaten se-Provinsi Jambi. Bawaslu sebagai salah satu lembaga penting yg di Jambi terkait dengan pengawasan penyelenggaran Pemilu menjadi wajib kami datangi untuk bersilaturahmi,” ujarnya.

Dalam fungsinya, Bawaslu Provinsi bertugas antara lain untuk melakukan pencegahan dan penindakan di wilayah provinsi terhadap pelanggaran Pemilu, mengawasi pelaksanaan tahapan Penyelenggaraan Pemilu di wilayah provinsi, mencegah terjadinya praktik politik uang di wilayah provinsi, mengawasi netralitas semua pihak yang dilarang ikut serta dalam proses pemilihan.

Sonny Pardede, Ketua Pemuda Katolik Kota Jambi juga menambahkan bahwa secara pribadi sudah pernah bersinggungan dengan Bawaslu dalam beberapa perkara, seperti sidang adjudikasi partai maupun money politik, tapi secara kelembagaan harapannya bisa bekerja sama dalam proses Pengawasan yg lebih luas.

Fahrul Rozi, anggota Bawaslu Prov.Jambi menjelaskan bahwa Bawaslu sudah melakukan beberapa kerja sama terkait Pengawasan bahkan lintas agama dengan FKUB seperti kegiatan kampanye damai.

Begitu juga dengan Ormas kemahasiswaan, ini hal baik bila Pemuda Katolik sebagai Ormas Kepemudaan dapat ikut serta dalam pemantauan dan Pengawasan Pemilu yang akan datang.

“Kami sebagai sebuah Lembaga pengawas tentunya tidak bisa sendirian dalam melakukan pengawasan dalam proses pemilihan mulai dari awal persiapan sampai keputusan. Mudah-mudahan dengan silaturahmi ini dapat meningkatkan komunikasi dan koordinasi antara Bawaslu dengan organisasi baik kepemudaam maupun lintas agama seperti Pemuda Katolik. Kami siap jika Pemuda Katolik maupun umat Katolik membutuhkan kami dalam proses-proses kedepan seperti seminar maupun diskusi,” tuntas Wein Arifin.

Kunjungan ini diakhiri dengan penyerahan plakat kenang-kenangan serta sesi foto bersama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
Latest News

Pemuda Katolik Jawa Tengah Sukses Selenggarakan Rakerda, Ganjar Pranowo Beri Pesan Khusus

Pemudakatolik.or.id, Jateng - Sabtu sampai dengan Minggu siang, 24 - 25 September 2022, di Rumah Retret Panti Semedi Klaten,...
spot_img

More Articles Like This