Tuesday, March 26, 2024

Pemuda Katolik Kepri Gelorakan Gerakan Angkat 1 Saudara Tangani Dampak Covid-19

Must Read

BATAM – Organisasi Pemuda Katolik Komisariat Daerah (Komda) Kepulauan Riau menggelorakan semangat gotong-royong saling membantu warga yang terdampak langsung oleh wabah virus Covid-19 (Corona).

Searah dengan garis komando dari ketua Pengurus Pusat Pemuda Katolik dr. Karolin Margret Natasa, seluruh kader Pemuda Katolik yang ada di berbagai daerah ditanah air menggerakkan Gerakan Nasional Angkat 1 Saudara.

“Gerakan ini adalah upaya gotong-royong untuk membantu kebutuhan pokok warga yang terdampak langsung oleh masa Pandemic Covid-19,” ujar Ketua Pemuda Katolik Komda Kepri, Johannes SM, Sitohang, Jumat, 10 April 2020.

Dikatakannya, banyak perkantoran bahkan tenant-tenant diberbagai pusat perbelanjaan yang tutup, kegiatan belajar di rumah untuk anak-anak sekolah. Banyak pekerja harian, buruh, pedagang keliling, tukang ojek online maupun ojek pangkalan, tukang bangunan, dan lain-lain kehilangan pekerjaan dan pendapatan baik sementara maupun permanen.

“Maka dari itu, tergerak hati kita untuk mengupayakan membantu meringankan kebutuhan pokok mereka, tanpa memandang unsur suku, agama dan ras,” imbuhnya.

Lanjutnya, walau baru memasuki hari ke tiga, namun sudah banyak warga yang sudah terbantu dalam aksi pendistribusian bantuan kebutuhan pokok dari gerakan ini.

“Untuk dua hari terakhir banyak sekali sasarannya yakni ibu-ibu janda yang selama ini kerja serabutan, namun sekarang tak bekerja lagi. Ada juga yang sebagai tukang ojek, pedagang sayur, yang sangat mengalami kesusahan akibat dampak ekonomi yang diakibatkan wabah ini,” ungkapnya didampingi Ketua Bidang Sosial Taggap Darurat dan Bencana Pemuda Katolik Kepri, Cosmas Eko.

Nantinya, Posko Satgas Pemuda Katolik Kepri untuk Penanganan Covid-19 hingga saat ini terus membuka ruang donasi seluas-luasnya untuk dapat terus disalurkan untuk warga yang terdampak.

“Kita juga membuka rekening untuk pengumpulan dana dari donatur yakni melalui Rekening Bank Mandiri dengan nomor 1090012391504,” jelasnya.

Tindakan-tindakan kecil ini diharapkan menjadi mata rantai untuk kebaikan bersama, guna mampu membantu semakin banyak warga yang membutuhkan khususnya di wilayah Kepri. Kalau banyak Lembaga-lembaga melakukan aksi yang hampir sama dengan menyisihkan sebagian dari kelebihannya.

Hal senada juga dikatakan Wakil Ketua Pemuda Katolik Kepri, Roy Chardo Sitanggang yang mengatakan bahwa Pemuda Katolik Komisariat Daerah Kepulauan Riau punya spirit yang berbeda, yakni berbagi dari kekurangan.

“Salah satu contohnya, ibu Siti, selama ini berprofesi sebagai petugas kebersihan di suatu perusahaan yang tutup sementara. Beliau harus menghidupi delapan orang anaknya yang semuanya masih usia sekolah,” imbuhnya.

Dijelaskan Roy sapaan akrabnya, tujuan dari dibentuknya kegiatan ini adalah untuk membuka kesempatan seluas-luasnya bagi siapapun yang ingin ikut serta berdonasi dalam aksi kepedulian sosial ini.

“Akhir kata mari tetap kita jaga kesehatan, jangan lupa cuci tangan bersih, lakukan social distancing dan Physical Distancing, gunakan masker, dan tetap taati himbauan pemerintah,” tutup Roy.

Sumber: kepri.indeksnews.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
Latest News

Pemuda Katolik Sumatera Utara Siap Ambil Bagian dalam Pilkada 2024

Pemudakatolik.or.id, Medan - Komisariat Daerah Sumatera Utara mengutus 8 orang untuk mengikuti Kursus Kepemimpinan Lanjutan II yang diadakan Pengurus...
spot_img

More Articles Like This