Login
or
Register

Keragaman, Modal Dasar Melawan Radikalisme

Uskup Bandung, Mgr. Antonius Subianto Bunjamin, OSC bersama Kader Pemuda Katolik pada acara pelantikan Pengurus Pemuda Katolik Komda Jawa Barat.
November 18, 2019

Keragaman, Modal Dasar Melawan Radikalisme

Sticky
0

jpnn.com, BANDUNG – Pelantikan Pengurus Pemuda Katolik Komisariat Daerah (Komda) Jawa Barat dan Komisariat Cabang (Komcab) Kota Bandung berlangsung di Aula Yohanes Paulus II, Gedung Bumi Silih Asih, Kota Bandung pada Minggu (17/11/2019). Acara tersebut mengangkat tema “Keragaman, Modal Dasar Melawan Radikalisme”.

Acara tersebut diawali dengan Misa Syukur yang dipimpin oleh Uskup Bandung, Mgr. Antonius Subianto Bunjamin, OSC didampingi tiga imam konselebran yaitu Pastor Ignatius Eddy Putranto, OSC (Pastor Moderator Pemuda Katolik Komda Jabar), RD. Dionysius Adi Tejo Saputro (Pastor Moderator Pemuda Katolik Keuskupan Bogor) dan Adrian Suyadi, SJ (Pastor Moderator Pemuda Katolik Keuskupan Agung Jakarta).

Uskup Bandung dalam homili atau khotbahnya berpesan kepada Pemuda Katolik Komda Jawa Barat agar jangan ‘Masuk Angin’ sehingga mesti mempunyai penangkalnya.

“Kenapa kok ada rumah yang tetap bertahan? Ada yang menjawab karena Iman. Ada yang menjawab karena bangunannya kukuh, dan ada yang menjawab karena Rumah itu mempunyai tolak angin,” ucapnya.

“Ada banyak Organisasi yang dilanda bagaikan gempa bumi dan angin kencang, dan ada banyak organisasi yang hilang dan tak bertahan, Organisasi Katolik pun tidak lepas dari goncangan seperti ini, apakah mampu bertahan? Organisasi yang bertahan itu adalah organisasi yang mempunyai ramuan tolak angin,” tambahnya.

Uskup Antonius menekankan Pemuda Katolik Komda Jawa Barat sudah cukup untuk bertapa. “Jangan sampai Tukcing, setelah dibentuk jangan cicing (diam),” tandas Uskup Bandung. Dia menyampaikan ucapan selamat atas terbentuknya kepengurusan baru Pemuda Katolik di Komda Jawa Barat. “Wujudkan harapan dan cita-cita organisasi, siap berkolaborasi dengan semua pihak,” katanya.

Memasuki seremonial pelantikan, Ketua Panitia sekaligus Ketua Pemuda Katolik Komcab Kota Bandung, Alexander J. Ricky menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai upaya bersama merajut kebersamaan kembali.

“Saya mewakili panitia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dan mendukung keberlangsungan acara ini,” ucap Alexander.

Pengurus Pemuda Katolik Komda Jawa Barat yang dinakhodai Edi Murdani Sutrisno Silaban dalam mengucapkan Selamat Hari Ulang Tahun Ke-74 Pemuda Katolik. “Rasa Syukur pada momen berbahagia ini dapat berkumpul dan merayakan bersama hari jadi Pemuda Katolik dalam acara pelantikan ini,” kata Edi Silaban.

Edi menuturkan dua minggu yang lalu, para Bapak Uskup se-Indonesia berkumpul di tempat ini dalam Rapat Agung KWI untuk memikirkan dan melahirkan gagasan serta menetapkan gereja Katolik Indonesia ke depannya.

“Dan saat ini, Pemuda Katolik Komda Jawa Barat di tempat yang sama, juga ingin ambil bagian dalam mewujudkan cita-cita gereja Katolik dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara,” tandas Edi Silaban.

Untuk diketahui, Komda Jawa Barat berada di tiga (3) wilayah keuskupan yakni Keuskupan Agung Jakarta, Keuskupan Sufragan Bogor, dan Keuskupan Bandung. Dalam Arah Dasar (Ardas) masing-masing keuskupan, Pemuda Katolik Komda Jabar, menurut Edi, memiliki tantangan sekaligus menyelaraskan tugas untuk menjadi orang muda yang berkualitas dan setiap karya-karyanya.

Pemuda Katolik Komda Jawa Barat mempunyai tugas untuk menyinergikan arah dasar keuskupan-keuskupan tersebut agar selaras dengan kebutuhan gereja pada orang muda.

Pengurus Pusat Pemuda Katolik yang diwakili oleh Ketua Bidang Politik dan Keamanan Tarsisius Tukijan mendorong agar Pemuda Katolik Jabar segera memiliki Sekretariat yang permanen dengan bersinergi dengan keuskupan dan pemangku kebijakan.

Tampak hadir para undangan di antaranya Anggota DPD RI Hj. Eni Sumarni, Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Rafael Situmorang, Ketua DPD KNPI Jawa Barat Rio F Wilantala beserta jajaran, Ketua DPD KNPI Kota Bandung Hendra Guntara berserta jajaran dan berbagai Organisasi Kepemudaan seperti GP Ansor, FKPPI, IMA AMS, FKGMNU, PMKRI Cabang Bandung, WKRI, Vox Point Indonesia, Jajaran Pengurus Pusat Pemuda Katolik, para senior Pemuda Katolik Komda Jabar, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Tokoh Perempuan, dan pimpinan komunitas-komunitas.

Turut hadir pula Orang Muda Katolik se-Keuskupan Bandung, seluruh kader Pemuda Katolik yang datang dari Komcab Kota Sukabumi, Kota Depok, Kota Bandung, dan Kabupaten Bogor serta didampingi oleh para Dewan Pembina Komda Jabar dan Komcab Kota Bandung.

Sumber: JPNN

 

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*