Sunday, July 3, 2022

Rakernas Pemuda Katolik: Workshop Khusus Untuk Isu-isu Strategis di Tanah Papua

Must Read

Pemudakatolik.or.id – Pemuda Katolik akan menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Manado (Sulawesi Utara) pada tanggal 26 s.d. 29 Mei 2022. Pertemuan ini akan dihadiri oleh delegasi kader Pemuda Katolik se-Indonesia dan sejumlah tokoh terkait. Salah satu isu yang hendak dibahas dalam Rakernas ini adalah terkait concern organisasi pada isu Papua. Ketua Umum Pemuda Katolik Stefanus Gusma atau yang kerap disapa Gusma menyampaikan bahwa akan diadakan workshop khusus untuk mengkaji isu ini.

“Nantinya kita akan mengadakan workshop khusus tentang Papua yang dihadiri delegasi kader Pemuda Katolik se Papua bersama Gugus Tugas Papua & Gugus Tugas Riset dan Advokasi PP Pemuda Katolik. Kita akan rembug bersama membahas sejumlah poin yang akan ditetapkan dalam Rakernas ini”, kata Gusma.

Gusma menyampaikan sejumlah poin yang akan dibahas dalam Rakernas meliputi sejumlah isu dan dinamika strategis di Papua serta distribusi dan klasterisasi kader terbaik Papua pada sejumlah lini pengabdian. “Kita akan menyiapkan sejumlah isu strategis yang akan menjadi concern bersama di organisasi. Selain itu, kita juga ingin membahas bagaimana komitmen pendistribusian kader-kader terbaik Papua di semua lini bidang profesionalitas dan klasterisasi kader menuju perhelatan politik 2024”, jelas Gusma.

Poin lainnya yang hendak dibahas adalah terkait mekanisme penyampaian sikap organisasi terhadap isu aktual di Papua. Ketua Departemen Gugus Tugas Papua Melkior Sitokdana menyampaikan bahwa perlu ada harmonisasi mekanisme agar organisasi bisa bergerak bersama dan satu sikap atas sebuah isu. “Kita juga akan membahas mekanisme penyampaian sikap atas isu aktual papua, harapannya kita bisa satu suara dalam menyikapi isu Papua. Intinya mekanisme ini tidak menyurutkan semangat teman teman untuk bersikap, hanya saja kita mengedepankan kebersamaan sikap untuk memastikan substansi yang disampaikan kuat dan lahir dari konsensus kader”, pungkas Melkior.*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
Latest News

Pemuda Katolik dan Ormas Se-Lampung Dukung Pemberantasan Ormas dengan Paham Radikal

Pemudakatolik.or.id, Lampung - Ancaman terorisme dan tindakan radikalisme masih menjadi momok yang menghantui keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Terlebih...
spot_img

More Articles Like This