Thursday, June 13, 2024

Pemuda Katolik Apresiasi Perubahan Nomenklatur Yesus Kristus Oleh Pemerintah

Must Read

Pemudakatolik.or.id, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) tentang Hari-hari Libur. Aturan itu sekaligus memuat perubahan nomenklatur libur ‘Isa Almasih’ menjadi ‘Yesus Kristus’. Sekretaris Jenderal PP Pemuda Katolik Joe Sitohang mengapresiasi langkah ini sebagia bentuk penghormatan kepada umat Nasrani yang selama ini menyuarakan perubahan nomenklatur ini.

“Kami mengapresiasi langkah berani Presiden Jokowi dalam melakukan perubahan nomenklatur Isa Almasih menjadi Yesus Kristus. Ini adalah bentuk kepedulian Presiden terhadap usulan dari umat Kristen dan Katolik yang mengharapakan nomeklatur Isa Almasih berubah menjadi Yesus Kristus”, jelas Joe.

Menurutnya, perubahan ini memiliki alasan yang sangat fundamental. Sebab, perbedaan nama yang selama ini berlaku dalam Nomenklatur pemerintahan berkaitan dengan nama yang diimani. “Dalam literatur Katolik kami tidak menggunakan Nomenklatur Isa Almasih, melainkan Yesus Kristus. Umat Katolik dalam ritus ibadah memakai nomenklatur Yesus Kristus”, ujar Joe.

Joe berpandangan bahwa perubahan nomenklatur ini merupakan bagian dari upaya pemerintah menghadirkan keharmonisan dan kerukunan umat beragama di tengah masyarakat majemuk. “Perubahan nomenklatur Iini merupakan bagian dari upaya pemerintah menghargai keberagaman dan keyakinan yang ada di Indonesia, tentu kami senafas dengan ikhtiar ini’, pungkas Joe.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
Latest News

Pemuda Katolik Dampingi Hirarki Gereja Katolik Tarakan Audiensi ke Kemenag

Pemudakatolik.or.id, Tarakan - Pemuda Katolik Tarakan bersama Hirarki Gereja Katolik di Tarakan mengadakan audiensi dengan Kantor Kementerian Agama Kota...
spot_img

More Articles Like This