Thursday, May 30, 2024

Ikut Sosialisasi Ormas Dukung Pemilu, Pemuda Katolik Balikpapan Dorong Partisipasi Pemilu Berkualitas

Must Read

Pemudakatolik.or.id, Balikpapan-Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (KESBANGSOL) Kota Balikpapan menggelar kegiatan Sosialisasi Ormas Dukung Pemilu, yang diselenggarakan di Ballroom Grand Tjokro Hotel, Balikpapan, Selasa (2/5/2023).

Acara yang mengusung tema, “Partisipasi Ormas Kepemudaan Dalam Meningkatkan Partisipasi Politik Untuk Mewujudkan Pemilu Berkualitas Tahun 2024”, ini dilaksanakan dalam rangka memfasilitasi peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia sebagai bentuk peran dan fungsi pemerintah kota dalam memberikan pemberdayaan dan pembinaan kepada organisasi kemasyarakatan (Ormas) di Kota Balikpapan.

Sosialisasi ini selain di hadiri oleh perwakilan Ormas Pemuda Katolik Komcab Balikpapan, juga dihadiri beberapa perwakilan Ormas yang ada di Kota Balikpapan,di antaranya Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Pemuda Muhamadiyah Kota Balikpapan, Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor), Forum Paguyuban Balikpapan (FKPB), PMII, GAMKI, PERPEDAYAK, RAPI dan masih banyak lainnya dari total keseluruhan 96 peserta yang di undang dalam kegiatan kali ini.

“Senang sekali bisa bertemu perwakilan semua Ormas Balikpapan meski acara tergolong singkat. Saya mengapresiasi Kesbangpol kota Balikpapan yang sudah menyelenggarakan kegiatan ini, yang tentu saja bertujuan untuk NKRI stabilitas Nasional dalam arti Ormas harus mendukung proses pemilu serentak dalam suasana damai kondusif. Dalam rangka ini, Pemuda Katolik sebagai salah satu Ormas di Kota Balikpapan siap mendukung sepenuhnya partisipasi pemilu yang berkualitas. Pemuda Katolik juga mendorong seluruh masyarakat untuk terlibat dalam Pemilu secara aktif, Ungkap Margaretha Sri Mulyaningsih yang turut hadir mewakili Pemuda Katolik Komcab Balikpapan.”

“Bisa hadir dalam kegiatan seperti ini tentunya jadi pengalaman baru untuk saya ketika memilih bergabung di Ormas Katolik, ungkapNya.”

Kegiatan Sosialisasi kali ini menghadirkan Pemateri dari Anggota komisi 1 DPRD Balikpapan dan Bawaslu Kota Balikpapan.

Hal penting yang disampaikan dalam kegiatan tersebut, yaitu dukungan sumber daya manusia dalam hal ini Ormas di Balikpapan untuk ikut serta mengawasi serta mensukseskan pelaksanaan Pemilu dan pemilihan serentak tahun 2024.

Harapannya dari kegiatan sosialisasi tersebut, penyelenggara Pemilu bisa on the track pada tugas,fungsi dan kewenangannya bertindak netral dan berintegritas dan menjamin hak pilih setiap masyarakat, karena dengan meningkatnya partisipasi pemilih pada pemilihan Pemilu serentak 2024 mendatang, bisa menjadi pertanda bahwa tingkat kedewasaan politik masyarakat dan antusiasme masyarakat dalam partisipasi politik meningkat.

Artinya partisipasi politik masyarakat tidak hanya dengan hadir pada hari pemungutan suara saja, namun juga ikut aktif dalam penyusunan kebijakan yang mengarah pada keterlibatan masyarakat dalam penyelenggaraan pemerintahan dalam rangka mewujudkan kesejahteraan bersama.

Erna Kokoj (Media Sosial PK Komcab Balikpapan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
Latest News

Simak Pesan Uskup Agung Palembang untuk Pemuda Katolik Bengkulu

Pemudakatolik.or.id, Bengkulu - Pada Minggu, 26 Mei 2024, Pemuda Katolik Bengkulu mendapat kesempatan berharga untuk beraudiensi dengan Uskup Agung...
spot_img

More Articles Like This