Sunday, November 27, 2022

BKKBN Komit Jalin Kerjasama Strategis Bersama Pemuda Katolik

Must Read

Pemudakatolik.or.id, Minahasa Utara – Dalam rangkaian rakernas Pemuda Katolik tahun 2022 yang diselenggarakan di Minahasa Utara Sulut, BKKBN menjadi salah satu lembaga yang turut serta menjadi Narasumber dalam Workshop yang di gagas tepatnya pada Jum’at, 27 Mei 2022 bertempat di Conventions Hall Sutan Raja Hotel. Workshop ini penting guna mengelaborasi berbagai permasalahan yang ada di berbagai daerah di tanah air, khususnya menyangkut masalah Stunting, kesehatan Remaja dan Pengendalian pertumbuhan penduduk.

Pemuda Katolik memiliki niat dan kesiapan untuk berkolaborasi dengan pihak BKKBN dalam rangka mewujudkan pencapaian Indeks Pembangunan Pemuda, agar kelak lahir generasi emas Indonesia yang berdaya saing.

Mempersiapkan generasi gemilang di masa yang akan datang bukanlah langkah yang mudah, dibutuhkan dorongan dan kerjasama dari seluruh stakeholder masyarakat khususnya dari golongan Pemuda, karena dibutuhkan sebuah gerakan yang progresif revolusioner, ungkap dr. Riyo Kristian Utomo, yang pada saat itu didaulat menyampaikan pemaparan materi.

Setali tiga uang, dr. Viktor yang saat itu juga turut hadir bersama sebagai perwakilan dari Pihak BKKBN, menyatakan bahwa “Untuk mencapai cita-cita bersama ini, kita harus melakukan kerjasama yang konkret” yang nantinya akan diikat melalui Memorandum of Understanding (Nota Kesepahaman) sebagaimana diskusi intens yang dijajaki sebelumnya, dan disepakati akan di kick off pada bulan Juni mendatang.

Perlu diadakan program edukasi di tengah masyarakat yang dimulai sejak dini, misalnya lewat sosialisasi berthema Pemberdayaan Teman sebaya sebagai pendidik dan konselor sebaya, Pendidikan kesehatan sex remaja, serta edukasi sebelum perkawinan dan pasca perkawinan.

Langkah-langkah kecil namun berdampak guna ini diharapkan mampu menjawab tantangan dan harapan dimasa yang akan datang.

Pertumbuhan penduduk harus di kendalikan dan benar-benar direncanakan secara matang, perencanaan perkawinan juga harus sesuai usia ideal dan didukung oleh kesiapan mental dan finansial, sebab akan berpengaruh terhadap keberlangsungan hidup dan lahirnya generasi baru kelak.

Pemuda Katolik bersedia menjadi fasilitator sosialisasi kesehatan reproduksi dan seksual serta perilaku beresiko, juga akan menjadikan isu-isu kesehatan khususnya kesehatan reproduksi dan seksual menjadi salah satu materi penting yang dimasukkan dalam kurikulum pendidikan kader mulai dari tingkat kecamatan hingga kabupaten kota dan Provinsi.

Agustina Doren Selaku wasekjen Bidang perempuan dan anak menegaskan bahwa Agenda ini nantinya akan menjadi agenda Nasional Pemuda Katolik yang akan dilanjutkan di 37 Keuskupan dan seluruh Komda dan Komcab yang ada di seluruh Indonesia.

Harapan kami, dengan adanya kegiatan PIK-R ini semakin memberikan pengetahuan kepada remaja dan orang tua untuk lebih menyiapkan diri dalam persiapan perkawinan, kehamilan dan kehidupan ditengah masyarakat.

Hal ini juga mendapat atensi khusus dari Ketua Umum Pemuda Katolik Sdr. Stefanus Asat Gusma yang dalam pernyataannya di sela-sela diskusi menegaskan bahwa: “Kemitraan Pemuda Katolik dengan BKKBN ini merupakan salah satu upaya penting untuk memerangi stunting dan menciptakan keluarga berkualitas melalui kegiatan keluarga, kependudukan dan program keluarga berencana kepada masyarakat luas.

Pemuda Katolik siap membantu dan bekerja sama dengan BKKBN dalam mewujudkan cita-cita bersama ini.*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
Latest News

Berjalan Bersama, Pemuda Katolik Cianjur Tanggap Bencana

Pemuda Katolik Komisariat Cabang (Komcab) Kabupaten Cianjur turut terjun untuk membantu penanganan bencana gempa bumi di Kabupatem Cianjur, Jawa...
spot_img

More Articles Like This