Thursday, June 20, 2024

Bertemu Pejabat Bupati Tanimbar, Pemuda Katolik Siap Gelar Muskomcab

Must Read

Pemudakatolik.or.id, Saumlaki – Ragam persiapan dimatangkan dalam rangka persiapan Musyawaran Komisiarat Cabang (Muskomcab) Pemuda Katolik Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT). Salah satu agenda penting yang dibuat adalah panitia Muskomcab bangun kolaborasi sekaligus permintaan dukungan dari pemerintah Kabupaten KKT.

Hilarius Rangkore selaku Ketua Panitia Muskomcab mengatakan dirinya dan rekan-rekan diterima secara langsung oleh Pejabat Bupati KKT Daniel Edward Indey di ruang kerjanya, Kamis, (16/2/2023). Hadir dalam audiensi itu anggota Pemuda Katolik Thomas Buksalwembun, Fidelis Samponu, Moce Ditilebit dan Mon Lolonlun.

Pertemuan ini sangat penting karena baru pertama kali organisasi Pemuda Katolik Komcab KKT bersilaturahmi dengan Indey selama bertugas sebagai pejabat Bupati di negeri bertajuk Duan – Lolat ini.

“Kami telah dan akan terus berkontribusi bagi daerah. Dan olehnya itu, dalam silaturahmi awal ini kami menyampaikan sejumlah agenda penting PK dan berdiskusi dengan beliau,” kata Rangkore kepada wartawan usai pertemuan itu.

Sesuai amanah pengurus pusat, Hilarius dan rekan-rekannya di serahi tugas sebagai panitia pelaksana kegiatan dan  menyelenggarakan kegiatan Muskomcab PK  sebagai forum tertinggi PK di tingkat cabang untuk menghasilkan sejumlah keputusan penting dan strategis dan konstruktif untuk kemajuan organisasi. Salah satu diantaranya adalah pemilihan pengurus PK di tingkat cabang untuk satu periode mendatang.

Hilarius Rangkore – Ketua Panitia Pelaksana Muskomcab PK Kepulauan Tanimbar/Dok. PK KKT

Pelaksanaan Muskomcab Pemuda Katolik Cabang Kepulauan Tanimbar itu rencananya digelar pada akhir Februari 2023 dan atau pada bulan Maret 2023.

“Selain menyampaikan sejumlah hal yang kemudian berlanjut dengan diskusi bersama dengan Penjabat Bupati, beliau juga menyampaikan  beberapa pesan kepada kami untuk memperkaya program kerja kepengurusan yang akan datang,” katanya.

Thomas Buksalwebun menyatakan, selain Penjabat Bupati yang mereka datangi, mereka pun telah bertemu sejumlah tokoh umat dan tokoh masyarakat.

Silahturahmi dengan para tokoh umat dan tokoh masyarakat itu bertujuan untuk menyerap informasi dan memboboti rencana pelaksanaan kegiatan.

Dalam pertemuan itu, Daniel Edward Indey mengapresiasi kehadiran organisasi Pemuda Katolik di Tanimbar dan berharap, kepengurusan yang akan lahir dari Muskomcab tahun ini akan terus menggairahkan program-program kerja yang  menyesuaikan dengan kondisi terkini di daerah.

“Di bidang lingkungan hidup, mungkin perlu dibuat kajian atau diskusi tentang pohon Torem sebagai salah satu tanaman endemik di dunia, karena di dunia, hanya ada di pulau Yamdena dan di Brazil,” katanya.

Indey yang didampingi salah satu pejabat di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Kepulauan Tanimbar meminta para pemuda di Tanimbar aktif dalam setiap organisasi dan berkontribusi bagi daerah.

Sementara itu PLH Ketua Komda Maluku Yustinus Wuarmanuk berharap Pemuda Katolik Komcab KKT semakin mematangkan agenda-agenda penting kedepannya khususnya persiapan penyelenggaraan Muskomcab dalam waktu dekat ini. Karena itu butuh kolaborasi dan sinergitas dari unsur pemerintah dan Gereja dalam hal ini hierarki.

“Dua unsur ini penting dalam rangka menguatkan program-program konkret kedepannya terlebih dalam rangka menguatkan basis kaderisasi di daerah. Kolaborasi dan sinergitas dibutuhkan agar Pemuda Katolik bisa terlibat dalam dinamika kehidupan bangsa dan Gereja,” demikian Yustinus.

Laporan: PK KKT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
Latest News

Kolaborasi dengan OMK, Pemuda Katolik Bengkulu Sukses Ciptakan Don Bosco CUP

Pemudakatolik.or.id, Bengkulu - Maraknya peran pemuda saat ini menjadi tolak ukur tongkat kepemimpinan masa depan, baik untuk gereja, masyarakat,...
spot_img

More Articles Like This