Login
or
Register

Posko-100 Produksi Hand Sanitizer Hingga Disinfektan Secara Swadaya

posko100
May 01, 2020

Posko-100 Produksi Hand Sanitizer Hingga Disinfektan Secara Swadaya

Sticky
0

SURABAYA – Pandemi virus corona (Covid-19) yang masih terjadi memantik semangat gotong-royong masyarakat untuk turut membantu pemerintah. Upaya memutus rantai penyebaran virus dilakukan secara mandiri.

Gerakan tersebut diawali oleh Posko Whisnu Sakti Buana (Posko-100) di kawasan Pakis, Kecamatan Sawahan Surabaya.

Warga sekitar dibantu para relawan secara swadaya memproduksi Hand Sanitizer dan melakukan penyemprotan desinfektan dengan teknologi aerosol.

Mereka bergerak secara serentak dengan membagi tim yang terdiri masing-masing tiga orang untuk melakukan penyemprotan di delapan titik kawasan Surabaya, semalam.

Diantaranya, Pasar Pakis, Masjid Rahmat Kembang Kuning, SD/TK Khadijah Pandegiling,  Gereja Baptis Pengharapan Pandegiling, GKI Diponegoro, Kampung Pawiatan, Pusat Pastoral Mahasiswa, dan Sekretariat Pemuda Katolik Komisariat Daerah Jawa Timur.

’’Kami bergerak ikut membantu pemerintah dalam masa PSBB sebagai upaya memutus rantai corona,’’ terang Koordinator Relawan Posko-100, Yulius Sunarno.

Produksi secara swadaya ini dikatakan Yulius dari patungan warga dan donatur. Mulanya, gerakan ini hanya difokuskan di kawasan Pasar Pakis dan lokasi ibadah.

Namun, saat produksi desinfektan dilakukan sebelum pembatasan sosial berskala besar (PSBB) diberlakukan, animo masyarakat wilayah lain kecamatan bermunculan.

Sehingga, penyemprotan di wilayah kecamatan lain turut digerakkan oleh para relawan dari Posko.’’Kami produksi banyak secara mandiri, dan ikut membantu wilayah lain juga,’’ terang Yulius.

Gerakan ini dikatakan Yulius mengacu pada standar prosedur dan aturan yang ditetapkan oleh Gugus Tugas Penanganan Covid-19 tingkat Surabaya.

’’Tim yang bergerak juga dibagi, memakai masker atau APD dan sudah selesai sebelum pukul sembilan malam,’’ imbuhnya.

Aksi solidaritas ini diharapkan bisa sedikit membantu pemerintah dan warga di masa perang terhadap pandemi ini.’’Kami bergerak agar tidak semakin banyak korban dari virus ini,’’ pungkas Yulius.

Sumber: beritajatim.com

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*