Login
or
Register

Pemuda Katolik Siap Mengembangkan Organisasi Ke Arah yang Lebih Terampil, Kreatif dan Inovatif

June 22, 2019

Pemuda Katolik Siap Mengembangkan Organisasi Ke Arah yang Lebih Terampil, Kreatif dan Inovatif

Sticky
0

JAKARTA – Penyelenggaraan Rapat Kerja Nasional I (Rakernas) Pemuda Katolik yang berlangsung mulai 21-23 Juni 2019 di Hotel Grand Cempaka telah usai. Adapun tema yang diusung ialah “Kaderisasi yang Berkelanjutan untuk Mewujudkan Pemuda yang Terampil, Kreatif dan Inovatif di Era Revolusi Industri 4.0”. Selanjutnya, program-program kerja yang ditetapkan yakni di bidang internal dan eksternal sehingga dapat menunjang pengembangan organisasi Pemuda Katolik ke depannya.

Poin-poin di bidang internal, Forum fokus pada pengembangan kaderisasi dengan mengaktifkan dan mengefektifkan struktur organisasi di segala tingkatan.   Secara struktur Pemuda Katolik berbentuk Kesatuan Nasional yang terdiri dari Pengurus Pusat (PP) tingkat nasional, Pengurus Komisariat Daerah (Komda) tingkat provinsi, Pengurus Komisariat Cabang (Komcab) tingkat kabupaten/kota, Pengurus Anak Cabang (Komac) tingkat kecamatan dan Ranting tingkat desa/kelurahan.

Selain itu Forum Rakernas juga menyepakati untuk melakukan kaderisasi berjenjang yang diawali dengan Masa Penerimaan Anggota (MAPENTA) kemudian mengadakan latihan kepemimpinan kader yang terdiri dari Kepemimpinan Kader Dasar (KKD) tingkat cabang, Kepemimpinan Kader Menengah (KKM) tingkat daerah dan Kepemimpinan Kader Lanjut (KKL) tingkat nasional. Ini merupakan proses regenerasi dan kaderisasi yang harus dilakukan sesuai mekanisme organisasi.

Sedangkan di bidang Eksternal, forum memberikan sikap terhadap perkembangan kebangsaan pasca pesta demokrasi pemilu 2019 dengan membuat Pernyataan sikap politik yakni tetap menjaga persatuan masyarakat.  Pemuda Katolik memandang penting untuk memberi perhatian khusus pada Revolusi Industri 4.0 dalam mengembangan diri di era perkembangan dunia teknologi, khususnya mempengaruhi dunia bisnis dan ekonomi, mendorong para kader untuk berwirausaha secara terampil, kreatif dan inovatif.

Acara Rakernas I Pemuda Katolik dihadiri oleh seluruh jajaran Pengurus Pusat Pemuda Katolik, 26 Komda dan 69 Komcab perwakilan yang datang dari seluruh penjuru Indonesia. Dalam rakernas turut hadir pula Kepala BSSN Letnan Jenderal TNI (Purn.) Hinsa Siburian, Sekjen Kominfo Dra. Rosarita Niken Widiastuti, M.Si., para perwakilan dari kementerian diantaranya Kemenko PMK, Kemenpora, Kemensos, Kemendagri, Kementerian ESDM, dan perwakilan Pemprov DKI Jakarta.

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*