Login
or
Register

Di Batam, Pemuda Katolik dan Banser Bersinergi Jaga Perayaan Natal

December 25, 2018

Di Batam, Pemuda Katolik dan Banser Bersinergi Jaga Perayaan Natal

Sticky
0

Batam-BerkatNews.com. Perayaan Natal tahun 2018 di Batam secara umum berjalan dengan aman dan lancar. Keamanan dan ketertiban perayaan besar umat Kristiani ini tidak lepas dari kerjasama semua pihak.

Salah satu lokasi perayaan Misa Natal yang sangat padat adalah Gereja Katolik Paroki Maria Bunda Pembantu Abadi (MBPA), Sagulung Batam. Mulai dari Malam Natal hingga Misa Hari Raya Natal umat memadati Paroki yang baru saja merayakan lustrum ke 3 (15 tahun) sebulan yang lalu ini. Untuk pengamanan di gereja ini, pihak keamanan dari Kepolisian dan TNI di-backup keamanan dari ormas pemuda yaitu GP Ansor yang menurunkan Banser dan Pemuda Katolik, serta tim pengamanan internal THS-THM.

Kapolsek Sagulung AKP Dwihatmoko yang turun langsung di lokasi mengatakan bahwa pihaknya berkomitmen mengamankan seluruh gereja di wilayahnya. “Setiap Gereja terdapat 4 sampai 5 personel kepolisian yang ditempatkan menjaga keamanan dalam perayaan Natal,” ungkap Moko, Kapolsek yang masih kelihat muda dan energik ini di sela-sela diskusi dengan personil TNI Kopda Jamintar Manalu yang selama ini telah membackup keamanan di MBPA.

Kapolsek Sagulung, AKP Dwiatmoko bersama Anggota Banser dan Pemuda Katolik

Kapolsek Sagulung, AKP Dwihatmoko bersama Anggota Banser dan Pemuda Katolik

Sementara itu anggota Banser tampak menerjunkan 15 personilnya. Sdr. Dani, Komandan Banser yang ditugaskan malam itu mengatakan bahwa Banser sudah sejak lama selalu bekerjasama untuk pengamanan di gereja MBPA. “Ya benar, ini saya sudah yang ke empat kali bertugas di gereja MBPA ini…“, tambah Dani. Ia menambahkan bahwa sebenarnya Ansor/Banser kota Batam juga sedang ada kegiatan Ditlasar di Batu Ampar. “Sebagai tanggungjawab dan komitmen organisasi kami harus siap, kami baru saja dari Batu Ampar dan setelah pengamanan malam ini kami akan kembali ke Batu Ampar dan besok pagi kami harus di sini lagi dengan personil tambahan…“, ungkap Dani yang juga Komandan Ranting Tembesi. Hal tersebut juga dibenarkan Sdr. Cosmas Eko, Wasek Pemuda Katolik Cabang Batam. “Ya benar, rekan-rekan GP Ansor memang sedang padat kegiatan, sebelumnya ada pelantikan Rijalul Ansor PW Kepri dan esoknya Ditlasar di Batu Ampar sampai tanggal 25, oleh karena itu kita patut berterimakasih atas komitmen rekan-rekan yang tak mengenal lelah bekerja untuk siapa saja tanpa membeda-bedakan…”, tambah Cosmas.WhatsApp Image 2018-12-25 at 2.41.30 PM

Dari Pemuda Katolik pun sesuai arahan ketua komisariat cabang Kota Batam Naro Situmorang agar semua anggota dapat memaksimalkan penjagaan dan ketertiban perayaan Natal bersama ormas lain dalam koordinasi dengan aparat Kepolisian dan TNI.

Pastor Tony dari Kongregasi Scalabrinian yang memimpin Misa Natal sebelum berkat penutup menghaturkan terimakasih kepada pihak aparat keamanan TNI/Polri, GP Ansor, Pemuda Katolik, THS-THM dan Tim Keamanan internal lainnya.*

sumber : berkatnews

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*