Login
or
Register

KKM Komda Kalimantan Selatan : Membangun Kepribadian Kepemimpinan Yang Berkualitas

September 25, 2017

KKM Komda Kalimantan Selatan : Membangun Kepribadian Kepemimpinan Yang Berkualitas

Sticky
0

Foto bersama seusai pembukaan acara KKM Pemuda Katolik Komda Kalsel (dok.PK)

Banjarmasin – Pemuda Katolik Komisariat Daerah Kalimantan Selatan, selama tiga hari, 22 – 24 September 2017 bertempat di Aula Sasana Bhakti Paroki Hati Yesus Yang Maha kudus Veteran mengadakan kegiatan KKM (Kursus Kepemimpinan Menegah). Kegiatan ini dibuka dengan perayaan ekaristi yang di pimpin oleh Rm. Cosmas, MSF, Pastor Paroki Keluarga Kudus Katedral Banjarmasin. Kursus Lanjutan ini merupakan jenjang pendidikan kurikulum Pemuda Katolik. KKM merupakan tindak lanjut dari kursus kepemimpinan Dasar (KKD) yang telah dilakukan di kabupaten tanah laut bulan Agustus lalu.

KKM Tahun ini mengusung tema “Membangun Kepribadian Kepemimpinan Yang Berkualitas Serta Memahami Fungsi Dan Peran Dalam Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara” Dalam sambutannya, Ketua Komisariat daerah Pemuda katolik Kalimantan Selatan FX. Rudi, berharap kader pemuda Katolik dapat bersinergi dengan pemerintahan daerah untuk pembangunan sumber daya manusia yang serta merta memahami fungsi dan perannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang berkualitas dan berkompeten dalam bidangnya terutama di daerah-daerah dimana para kader pemuda katolik berkarya.

Kursus ini diikuti Sekitar 21 orang muda yang berasal dari 6 Komisariat Cabang di Kalimantan Selatan. Adapun kegiatan dapat terlaksana berkat kerja sama kepanitiaan yang telah mempersiapkannya sejak terselesaikannya kegiatatan Kursus Kepemimpinan Dasar di kabupaten Tanah Laut. Ketua panitia pada kegiatan ini adalah Yohannes Sumaryoto, SE, selaku Ketua Komisariat Cabang Banjarmasin dan Ketua Bidang Politik pada Pemuda Katolik Komisariat Daerah Kalimantan Selatan.

 KKM Pemuda Katolik Komisariat Daerah Kalimantan Selatan ini di buka resmi oleh Staff Pemerintah, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Selatan, Anton Simbolon, sebagai perwakilan gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor. Dalam sambutannya, Pak Anton membacakan naskah pidato dari Bapak Gubernur yang menyampaikan bahwa kursus ini merupakan bentuk kepedulian terhadap generai muda. Dan kegiatan ini sangat membantu pemerintah dalam melahirkan sumberdaya manusia yang terampil, agamais, dan berdedikasi terhadap kemajuan bangsa. Gubernur juga turut menyampaikan bahwa dalam kepemimpinannya pihaknya terus berupaya mendoro terwujudnya kalsel mandiri dan terdepan dengan mengembangkan mutu dan kualitas sumber daya manusia melalui berbagai program, kebijakan dan kegiatan pendidikan serta kebudayaan dan keagamaan dalam rangka membangun krakter bangsa dan baua. Gubernur juga berharap dengan kursus ini akan lahir kader-kader banua yang cerdas dalam pemikiran dan berakhlak dalam tindakan, sehingga kalsel akan menjadi lumbung pemuda yang ikhlas hati, menghargai perbedaan, menjaga persatuan dan berpartisipasi dalam pembangunan. Pembukaan Kursus Kepemimpinan Menengah ini juga di meriahkan dengan Paduan Suara dari SMA Frater Don Bosco Banjarmasin dan tarian banjar dari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Suaka Insan.

Para Peserta sangat antusias dalam mengikuti kursus ini, pada sesi pertama menyampaikan mengenai Teknik Advokasi yang disampaikan oleh Ketua Bidang Kaderisasi dan Keanggotaan Pengurus Pusat Pemuda Katolik Stefanus Asat Gusma,  mengajak para peserta untuk mengetahui apa itu advokasi, Alasan, tujuan dan Sasaran Advokasi, para pelaku Advokasi Dan tantangan serta strategi dalam advokasi. Selanjutnya Bapak Redy Mountana selaku tokoh senior Katolik yang sudah cukup berpengalaman dalam organisasi kemasyarakatan serta turut dipercayakan dalam kepengurusan FKUB Provinsi Kalimantan Selatan memberikan pengajaran tentang Kemasyarakatan Lokal. Beliau Mengajak para peserta untuk merefleksikan sejarah berdirinya bangsa ini serta mendorong para kader pemuda katolik untuk memahami eksistensi perjuangan para pendahulu dalam memerdekakan bangsa ini. Materi selanjutnya di sampaikan oleh Bapak Ignasius Ganjar Tri selaku Wakil Sekretaris Jendral bidang kaderisasi dan keanggotaan Pengurus Pusat Pemuda Katolik, mengenai Kemasyarakatan Nasional yang berorientasi pada tantangan globalisasi masa kini terhadap perkembangan serta pertumbuhan generasi muda .

Hari kedua, hadir sebagai pemateri Bapak Jhonson Sitepu, memberikan pengajaran mengenai Changes Management, dengan metode See, Judge and Act. Turut hadir di hari kedua sekaligus memberikan semangat para senior pemuda katolik dan beberapa penasehat awam pemuda katolik komda Kalsel. Kurus ini berlangsung hingga sore hari yang ditutup dengan perayaan Misa di pimpin oleh Rm. Johan, Pr. (stan)

Asta Ivo Bonny

Pengurus Pusat Pemuda Katolik Departemen Komunikasi dan Informatika.
astaivo91@gmail.com

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*