Login
or
Register

Gelar Mapenta & KKD, Komda Kalsel Pertegas Komitmen Bersama

August 28, 2017

Gelar Mapenta & KKD, Komda Kalsel Pertegas Komitmen Bersama

Sticky
0

Foto Bersama Peserta Mapenta & KKD Komda Kalimantan Selatan bersama PP Pemuda Katolik (Dok. PK)

Tanah Laut, Kalsel – Masa Penerimaan Anggota (MAPENTA) adalah sebuah syarat yang wajib dilaksanakan di Pemuda Katolik karena Mapenta merupakan tahap awal seseorang dikatakan sah bergabung dalam Pemuda Katolik. Sedangkan KKD (Kursus Dasar Kepemimpinan) merupakan bagian awal dari jenjang pendidikan kader Pemuda Katolik yang bertujuan melatih kader-kader pemuda katolik sebagai bekal dalam berdinamika baik dalam internal organisasi maupun dalam external organisasi. Berdasarkan dari beberapa poin penting di atas, bertempat di Aula Gereja St. Theresia Pelaihari Pemuda Katolik Komisariat Daerah Kalimantan Selatan resmi menggelar MAPENTA dan KKD selama dua hari, 26 – 27 Agustus 2017.

Kegiatan tersebut dibuka resmi oleh Wakil Bupati Tanah Laut Drs. Sukamta. Dalam sambutan pembukanya beliau mengajak seluruh anggota pemuda katolik untuk ikut serta aktif membangun kabupaten Tanah Laut serta turut menjaga toleransi karena dengan toleransi lah tanah laut dapat maju dan berkembang. Ketua Pemuda Katolik Komisariat Daerah Kalimantan Selatan Fx. Rudy, dalam sambutannya beliau juga menjelaskan maksud dan tujuan kegiatan ini adalah untuk memperkuat rasa memiliki organisasi dan mempertegas komitmen bersama untuk membangun organisasi agar ke depan lebih baik dalam berkarya untuk Gereja, Nusa dan Bangsa.

Organisasi pemuda katolik adalah organisasi kader yang siap turut aktif berpartisipasi membangun Gereja bangsa dan Negara, tambah Rudi yang juga bendahara Komisi HAK dan Kerawam Keuskupan Banjarmasin.

Mapenta ini diikuti kurang lebih 50 orang muda yang berasal seluruh paroki di Keuskupan Banjarmasin sedangkan Kursus Kepemimpinan Dasar (KKD) diikuti kurang lebih 30 orang utusan yang berasal dari seluruh Komcab di Kalimantan Selatan. Mereka ikut KKD merupakan orang-orang pilihan yang dengan tegas dan mantab berkomitmen membawa bendera pemuda katolik di Kalimantan Selatan untuk bersinergi dengan seluruh elemen penting di masyarakat, dan turut mendukung kinerja pemerintah daerah ke depan lebih baik.

KKD sendiri langsung dipandu oleh Tim Kaderisasi PP Pemuda Katolik yaitu Kikin P. Tarigan selaku Ketua Lembaga Pendampingan Kader dan Ignatius Ganjar Tri Hartono selaku Wasekjend LPK dan juga wasekjend bidang kaderisasi.

Suasana Kursus Kepemimpinan Dasar (KKD) Komda Kalsel

Sebagai tambahan Mapenta Dan KKD tahun ini mengusung tema “ Membangun Idealisme Pemuda Sebagai Pilar Penyangga Jati diri Bangsa” dengan harapan bahwa tema ini membantu menyadarkan kembali tugas dan tanggung jawab pemuda katolik untuk bertindak sebagai pelaku dalam membangun Gereja, Bangsa dan Negara. Untuk mendukung tercapainya maksud dan tujuan kegiatan ini, hadir juga para nara sumber yang sangat berkompeten memiliki keahliaan di bidang yang dimaksud.

penulis : Stanislaus Sene (Wakil Ketua Komda Kalsel)
editor : Asta Ivo

 

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*