Login
or
Register

Komda Sumbar

October 30, 2017

Komcab Bukittinggi Ajak Kaum Muda Menjiwai Makna Sumpah Pemuda

Foto Bersama Seluruh Peserta Seminar Pemuda Katolik Komcab Bukittinggi 29/10.(dok.PK)

Bukittinggi, Sumbar – Sumpah pemuda yang diperingati pada tiap tanggal 28 oktober merupakan salah satu tonggak sejarah negara ini. Momen ini memiliki makna historis dalam menentukan nasib bangsa ini hingga saat ini. Pemuda katolik komcab bukittinggi mengambil bagian dalam peristiwa penting ini untuk kembali merefleksikan semangat hidup para pemuda-pemudi hari ini.

Dengan mengambil tema “jiwa sumpah pemuda dalam bersaksi (martyria)” Pemuda Katolik Komcab Bukittinggi mengatadakan seminar memperingati hari sumpah pemuda pada hari minggu 29/10. Menyesuaikan dengan tema tahun keuskupan padang martyria, semangat pemuda juga semangat bersaksi. Pada seminar tersebut hadir sebagai pemateri Togu Marulak Simarmata S.H. Togu menyampaikan pentingnya kerjasama orang muda dalam gereja untuk hidup bernegara, dia juga menekankan tetap mempertahankan iman katolik dalam hidup diantara mayoritas. selain makna historis, ada juga makan filosofis yang perlu dimaknai kaum muda dalam kehidupan yang diperoleh dari sumpah pemuda. Nilai semangat persatuan semangat peduli terhadap orang lain.

“berhenti menyalahkan orang lain, mari mulai untuk berbuat dari diri sendiriadalah inti dari semangat muda”, ujar Togu yang merupakan PNS di Kespol PP Bukittinggi.

selain Togu hadir pula Sr. Yosefta OFM sebagai pemateri kedua. Sr. Yosefta menyampaikan menjadi ragi, garam dan terang dunia adalah kewajiban orang katolik. Hal ini harus dilakukan untuk dapat meningkatkan kualitas iman yang bisa berkembang dalam bekerja dan bermasyarakat.

Dalam keterangan resminya Duma Situngkir, Ketua panitia pelaksana menegaskan fokus orang muda sekarang ialah kesaksian hidup berbangsa dan bernegara itu sangat penting. Sumpah pemuda merupakan momen berharga untuk kita merefleksikan makna kehadiran kita ditengah masyarakat.

Acara seminar tersebut juga dihadiri oleh Wanita Katolik Republik Indonesia Cabang Bukittinggi, orang muda katolik St. Aloysius gonzaga paroki Bukittinggi dan perwakilan dewan paroki St. Petrus Calver Bukittinggi dengan total peserta 48 orang. Dalam sambutan penutupan seminar Simon Bernad Sitanggang selaku Ketua Komcab Bukittinggi, mengajak seluruh kaum muda katolik yang ada di Bukittinggi untuk dapat menjiwai makna sumpah pemuda dan melaksanakannya dalam kehidupan sehari-hari, itu merupakan salah satu cara hidup martyria melalui gereja kepada negara dan bangsa. (barita)

Sticky
0
September 04, 2017

Pemuda Katolik Komcab Kep. Mentawai Siap Mengawal Program Pemerintah

Foto Bersama Komcab Kep. Mentawai bersama Bupati, Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kab. Kepulauan Mentawai (dok. PK)

Mentawai,Sumbar – Senin (04/09) bertempat di Ruang Tamu Kantor Bupati Kep. Mentawai, Pemuda Katolik melakukan audiesi kepada Bupati Kepulauan Mentawai, Yudas Sabaggalet. Pemuda Katolik Komcab Kepulauan Mentawai yang di nahkodai Mespin Z. Samaloisa ini pun hadir beserta beberapa pengurus cabang.

Adiensi tepat dilaksanakan pada pukul 09.00 WIB, membahas mengenai rencana kedepan untuk hubungan yang saling bersinergi antara Pemerintah Daerah dan Pemuda Katolik. Dalam kesempatan ini pula Mespin Panggilan akrab ketua Komcab memaparkan program kerja tahunan dari Pemuda Katolik, ” Fokus kita mengenai pemuda saat ini yaitu bagaimana potensi diri dari setiap kaum muda katolik dapat dimaksimalkan sehingga kita dapat terjun langsung untuk mengawal dan mendukung program pemerintah untuk kesejahteraan masyarakat” ungkap Mespin.

Mespin juga menambahkan organisasi yang ia pimpin ini kedepan akan bersinergi dengan organisasi-organisasi lain yang ada di kabupaten kep. Mentawai selain itu juga proses kaderisasi internal organisasi yang menjadi tanggungjawab kepengurusannya akan dituntaskan.

Selanjutnya Yudas Sabaggalet mengaku bahagia denganhadirnya Pemuda Katolik di Kabupaten Kep. Mentawai. “Saya sangat bahagia adik – adik generasi muda masih memiliki semangat, saya menekankan kaderlah diri di organisasi, belajar dan berproseslah didalamnya. Kelak kader – kader muda saat inilah yang akan menggantikan kami disini.” Tegas Yudas.

Pertemuan kurang lebih 2 (dua) jam yang sangat hangat dan diselingi canda tawa ini juga dihadiri oleh Ketua DPRD Yosef Sarogdok, Wakil Ketua DPRD Jakop Saguruk, Staf Ahli Bupati bidang pemerintahan Nikholaus Sorok Ogok dan Beberapa Tokoh katolik.

Ketua Komcab, Mespin menyerahkan Baju Pemuda Katolik kepada Bupati yang juga Dewan Pembina Pemuda Katolik Komcab Kep. Mentawai (dok. PK)

Penulis : Agela Merici S.

Sticky
0
August 21, 2017

Mespin Z. Samaloisa Resmi Dilantik, Berikut Struktur Komcab Kepulauan Mentawai

Foto Bersama Pengurus Komcab Kepulauan Mentawai dengan Pastor Moderator dan Ketua Komda Sumbar (dok. PK)

Mentawai, Sumbar –  Bertempat di Gereja St. Petrus Tuapeijat, Kab. Kepulauan Mentawai pada hari (20/08/2017) Pengurus Komcab Kepulauan Mentawai yang dipimpin oleh Mespin Zulian Samaloisa resmi dilantik oleh Ketua Komda Sumatera Barat Asta Ivo Bonny Sembiring.

Berikut Susunan Pengurus Cabang Pemuda Katolik Komcab Kepulauan Mentawai Periode 2017 – 2020 :

Pastor Moderator : Bernard Lie,Pr

 Dewan Pembina : Yudas Sabaggalet,SE,M.M

 Penasehat Awam

  • Bruno Guimek Sagala,S.Pd
  • Nicolaus Sorot Ogok
  • Serieli Bawamenewi,SH
  • Bastian Sirirui

Ketua     : Mespin Zulian Samaloisa

Wakil Ketua Bidang Internal  : Simon Petrus Saleilei

Wakil Ketua Bidang Eksternal  : Koresi,A.Md.AK

Sekretaris    : A.D.Harry

Wakil Sekretaris Bidang Internal : A.Merichi Sirirui

Wakil Sekretaris Bidang Eksternal  : Fabianus Sutrisno,S.Pd

Bendahara : K.N.Sari Sakeletuk,S.Kep

Wakil Bendahara I  : Morkylius.S

Departemen – Departemen :

Departemen Bidang Pembinaan Organisasi & Keanggotaan

  1. Firdaus Risman,S.Hut (Koordinator)
  2. Heribertus Sabaggalet

Departemen  Bidang Kaderisasi       

  1.  Anjelo Kalil Siswanto,S.Pd (Koordinator)
  2.  Maria Nangke, Sp
  3.  Marselinus Salakkopak, A.Md.Ft

Departemen Bidang Kepemudaan & Olah Raga     

  1. Juliardi Sarereake(Koordinator)
  2. Aleksius F.Jumpar,S.Pd
  3. Pilipus Sakukuret

Departemen Politik & Keamanan

  1. Ignasius Purwanto Sapotuk (Koordinator)
  2. Tangalek Sabaggalet
  3. Mardianto Saremurat
  4. Ropianto Sapotuk

Departemen Bidang Hubungan & Kerukunan Antar Agama

  1. Antonius Silalahi (Koordinator)
  2. Dewi Sartika Saragih, S.Tp
  3. Ignasia Felia Pradina Samalinggai

Departemen Bidang Pemberdayaan Perempuan

  1. Theresia Sartika Rani (Koordinator)
  2. Romaria Gurning,A.Md
  3. Desentinus Ajik Sadodolu, S.Pd

Departemen Bidang UKM & Koperasi

  1. Lowa Dilla Veronia Sakeru(Koordinator)
  2. Yulistina Yane
  3. Maria Yohana Patricia

Departemen Bidang Komunikasi & Informatika

  1. Kornelia Septin Rahayu, S.S (Koordinator)
  2. Martina Daudau, S.Sn
  3. Stevani  Maria Meilisa Sagurung

Departemen Bidang Hubungan antar Lembaga/OKP

  1. Bernadus Manai Sikaraja (Koordinator)
  2. Ludovikus Sakoipiat
  3. Ermianus Samalei,S.Pi

Koordinator Wilayah :         

  1. Korwil Pulau Siberut   : Bernadus Manai Sikaraja
  2. Korwil Pulau Siberut Barat   : Aijon
  3. Korwil Pulau Sipora   : Anjelo Kalil Siswanto,S.Pd
  4. Korwil Pulau Sipagai Utara & Selatan   : Sudarsono
  5. Korwil Pulau Sib.Barat Daya,Sib.Selatan,Sib.Tengah : Simon Petrus Saleilei

(ast)

Sticky
0
August 18, 2017

Simon B. Sitanggang Pimpin Pemuda Katolik Komcab Bukittinggi

Ketua terpilih Simon B. Sitanggang (tengah) bersama tim Formatur (dok. PK)

Bukittinggi – Minggu (13/08) bertempat di ruang SMA Xaverius Bukittinggit telah resmi dibentuk Pemuda Katolik Komisariat cabang Kota Bukittinggi. Organisasi ini merupakan nama yang baru hadir di wilayah paroki Bukittinggi juga. Sekali pun barang baru namun beberapa kaum muda yang terlibat dalam proses Mapenta dan Muskomcab telah memiliki hasrat untukuntuk mengembangkannya.

Simon Sitanggang Ketua terpilih Komcab Bukittinggi dalam keterangan tertulisnya menyampaikan ada Visi yang sangat besar yang harus dicapai dalam menghadirkan Pemuda Katolik di Bumi Londen Van Andalas ini. Kemelut peristiwa kehidupan berbangsa dan bernegara semakin hari semakin menuju puncaknya. Tidak sedikit riak-riak konflik  hidup berbangsa dan bernegara yang bersinggungan dengan aspek keagamaan. Hal ini juga terasa di Kota Bukittinggi sehingga dibutuhkan organisasi ini untuk menyiapkan kader-kadernya menjawab tantangan tersebut.

Kedepannya keberadaan Pemuda Katolik di gereja dan kota Bukittinggi bisa menjadi wadah yang bisa berguna bagi Gereja dan Tanah Air. Semuanya dimulai dengan pembenahan dari dalam organisasi, termasuk pengkaderan. Kekuatan kaum muda yang besar harus diberi landasan yang kuat. Landasannya ialah iman Kristiani yang teguh. Tentu dengan landasan iman yang kokoh tersebut akan semakin membuat dirinya semakin terarah mencintai Tanah Air.

sebagai informasi Proses pembentukan Komcab Bukittinggi sesuai dengan ketentuan organisasi Pemuda Katolik dimana terlebih dahulu diawal dengan Masa Penerimaan Anggota (Mapenta) yang telah dilaksanakan seminggu sebelumnya (6/08) lalu dilanjutkan dengan pelaksanakan Muskomcab pada minggu selanjutnya. Mapenta sendiri diikuti oleh 15 orang peserta dengan pemateri dari Pengurus Komda Sumatera Barat.

Sementara itu ketua terpilih Simon B. Sitanggang sendiri terpilih secara musyawarah mufakat dalam Proses Muskomcab dengan didampingi  Martina Kusuma Putri sebagai Sekretaris Cabang untuk memimpin Pemuda Katolik Komcab Kota Bukittinggi Periode 2017-2020. (asta)

Sticky
0
August 14, 2017

Gokma T. Situmorang : Pemuda Katolik janganlah mengeksklusifkan diri

Pengurus Komcab Bukittinggi bersama Wakil Ketua Komda Sumbar sdr. Gokma Toni Situmorang(tengah) (dok.PK)

Bukittinggi – Bertempat di Ruang Kelas SMA Xaverius Bukittinggi, minggu (13/08) Musyawarah Komisariat Cabang (Muskomcab) Pemuda Katolik Komcab Bukittinggi resmi digelar. Proses pembentukan yang telah sesuai dengan ketentuan organisasi Pemuda Katolik ini terlebih dahulu diawal dengan Masa Penerimaan Anggota (Mapenta) yang telah dilaksanakan seminggu sebelumnya (6/08) lalu dilanjutkan dengan pelaksanakan Muskomcab pada minggu selanjutnya. Mapenta sendiri diikuti oleh 15 orang peserta dengan pemateri dari Pengurus Komda Sumatera Barat.

Dalam sambutannya saat membuka Muskomcab Gokma T. Situmorang selaku Wakil Ketua Komda Sumbar  berpesan agar seluruh kaum muda yang telah bergabung menjadi Pemuda Katolik tetap memegang spirit 100% Katolik, 100% Indonesia dengan semangat Pro Ecclesia Et Patria. Gokma yang juga Mantan Ketua Presidium PMKRI Cabang Padang Periode 2008-2009 menambahkan bahwa sebagai awam muda katolik dan sebagai kader Pemuda Katolik janganlah mengeksklusifkan diri di lingkungan gereja dan masyarakat. “Kondisi saat ini menuntut kita untuk semakin militan dan Inklusif agar pesan toleransi beragama yang didengungkan gereja Katolik melalui umat-umatnya dapat tersampaikan dengan baik khususnya di Kota Bukittinggi”, tegasnya

Forum Muskomcab pun menetapkan dengan musyawarah mufakat Sdr. Simon B. Sitanggang sebagai Ketua Cabang dan sdri. Martina Kusuma Putri sebagai Sekretaris Cabang untuk Periode 2017-2020. (asta)

Sticky
0
August 13, 2017

Usai Dilantik Komcab Padang Audiensi ke Uskup

Pengurus Komcab Padang dan Wakil Ketua Komda Sumbar Gokma Toni bersama Mgr. Martinus Dogma Situmorang (Uskup Padang)

Padang – Tak perlu menunggu lama, pengurus Pemuda Katolik Komcab Padang langsung mengadakan audiensi dengan Uskup Padang, Mgr. Martinus Dogma Situmorang, selasa (12/07). Didampingi oleh wakil ketua komda Sumbar, Gokma T. Situmorang menyambangi Kantor Keuskupan Padang untuk bertemu dengan oppung situmorang sapaan sehari-hari bapa uskup.

Pertemuan yang diakan diruang tamu keuskupan ini pun berjalan hangat dan lancar. dalam kapasitasnya sebagai uskup oppung situmorang pun sangat menyambut baik kehadiran Pemuda Katolik di Padang dan berharap dapat terbentuk diseluruh Kab/kota dalam wilayah Keuskupan Padang.

Selain itu uskup juga berpesan agar hendaknya Pemuda Katolik di Padang ini dapat membuat Program yang nyata, tidak hanya berkutat di internal saja melainkan mampu memberikan warna di Wilayah Sumatera Barat.

Dalam Pemaparannya Ketua Komcab Padang San C. Siregar menyampaikan hasil kegiatan yang telah dilaksanakan pada 08-09 juli lalu, diantanya telah dikukuhkan 17 anggota Pemuda Katolik Sumbar yang berasal dari 3 Kab/Kota yaitu : mentawai, padang, dan bukittinggi serta Pelaksanaan Mapenta dan Rakercab di Padang pada akhir bulan Juli, dan memohon kesediaan uskup memberikan pastor moderator untuk Komcab Padang.

Selain itu Gokma T. Situmorang, Wakil ketua Komda Sumbar juga menambahkan kedepan pengurus komda yang masih berstatus caretaker ini akan melaksanakan Mapenta dan Muskomcab untuk Kab. Pasaman Barat dan Kota Bukittinggi pada 5-6 Agustus 2017, Mapenta dan Muskomcab Kab. Kep Mentawai pada 19-20 Agustus 2017, serta KKM dan Muskomda Pemuda Katolik Komda Sumbar pada bulan September. “semoga disalah satu kegiatan yang kami rencanakan ini oppung dapat hadir” ungkap gokma yang disambut dengan anggukan dari bapa uskup.

dalam keterangan resminya San C. Siregar mengatakan bahwa sesuai dengan semangat Pro Ecclesia et Patria yang dimiliki oleh Pemuda Katolik maka dari itu kami memulai audiensi dari hirarki gereja lalu kedepan kami juga akan audiensi dengan beberapa stakeholder yang ada di padang, baik itu pemerintah, OKP, maupun KNPI.

“Kita akan hampiri setiap stakeholder di padang ini agar keberadaan kita semakin diketahui”, ucap San C. yang juga mantan Ketua Presidium PMKRI Cabang Padang Periode 2014-2015 (ast)

 

Sticky
0
July 10, 2017

San C. Siregar Resmi nahkodai Komcab Padang

Pelantikan Pengurus Komcab Padang, San C. Siregar (berpeci) (dok.PK)

Padang – Bertempat di Aula Puri Darma Katedral Keuskupan Padang, minggu (09/07) Ketua Komisariat Daerah Sumatera Barat Asta Ivo Bonny Sembiring resmi melantik San C. Siregar sang nahkoda baru Pemuda Katolik Komcab Padang berserta jajarannya untuk periode 2017-2020. Pelantikan ini merupakan agenda terakhir dari serangkaian agenda yang dilaksanakan Komda Sumbar dari sabtu pagi hingga minggu sore.

Ditemui usai pelantikan, San C. Siregar menyampaikan keinginannya menjadikan Pemuda Katolik semakin dikenal di kota Padang. “Proses yang saya dan teman-teman lalui hari merupakan suatu sejarah baru bagi kami mengingat menghadirkan Pemuda Katolik di Sumatera Barat merupakan cita-cita yang sudah kami perjuangkan sejak tahun lalu. Puji Tuhan hari ini terlaksana juga” ungkapnya dengan penuh kebanggaan.

sejalan dengan itu Laurensius A. Simbolon selaku ketua panitia pelaksana juga ikut merasa bangga dapat bergabung secara resmi menjadi Pemuda Katolik. “intinya senang  dan bangga deh, apalagi kemari ketika proses pengukuhan menjadi Pemuda Katolik sangat membekas dihati” ungkap lauren yang juga merupakan kandidat Doktor Ilmu Hukum di Universitas Andalas.

pengukuhan Pemuda Katolik dalam Wilayah Komda Sumbar (dok.PK)

seperti diketahui sehari sebelumnya komda Sumbar telah mengukuhkan 17 anggota Pemuda Katolik yang berasal dari beberapa wilayah, seperti kota Padang, kabupaten Kepulauan Mentawai, dan Bukittinggi. Pada acara pembukaan Mapenta sabtu (08/07) Pada seremonial pembukaan itu sendiri dihadiri oleh Pastor Kerawam Keuskupan Padang, Emilius Sakoikoi, Pr; Pembimas Katolik kanwil kemenag Prov. Sumbar, Henrikus Jomi, S.Ag; Anggota DPRD Prov. Sumbar, Albert H. Lukman, Anggota DPRD Kota Padang, Wismar Panjaitan; Perwakilan WKRI, Perwakilan OMK Paroki Katedral, Perwakilan Flobamora.

Dalam keterangan resminya Asta Ivo Bonny Sembiring selaku menyampaikan Harapannya agar beberapa bulan ke depan komisariat cabang yang lain pun, seperti kabupaten kepulauan Mentawai, Bukit Tinggi, dan pasaman akan terbentuk sesuai dengan ketentuan dan aturan yang berlaku di Pemuda Katolik. selain itu, kita juga berharap sebelum Rapimnas II di Bali untuk Komda Sumbar sudah terpilih kepengurusan definitif serta telah melaksanakan Kursus Kepemimpinan Menengah (KKM). dimana KKM ini menjadi syarat mengikuti Kursus Kepemimpinan Lanjut (KKL) yang akan dilaksanakan pada bulan oktober di Bali.

“dengan semangat yang dimiliki rekan-rekan saat ini dan komitmen Pengurus Pusat untuk membantu, kami yakin semua agenda yg kami rencakan dapat terlaksana” tandasnya.

Rangkaian acara Pemuda Katolik kali ini pun diakhiri dengan ikut perayaan ekaristi bersama umat di gereja katedral padang. (mespin)

Sticky
0