Login
or
Register

Komda Kalimantan Selatan

August 29, 2017

FX Rudy : Kaderisasi Modal Wajib Membangun Organisasi

Foto bersama Komda Kalsel bersama Wakil Bupati, PP Pemuda Katolik, dan pemateri Mapenta & KKD (dok. PK)

Tanah Laut, Kalsel – Bertempat di Aula Gereja St. Theresia Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut yang berjarak sekitar 90 km dari kota Banjarmasin, Pemuda Katolik Komda Kalimantan Selatan menggelar Masa Penerimaan Anggota (Mapenta) dan Kursus Kepemimpinan Dasar (KKD) selama 2(dua) hari, 26-27 Agustus 2017. Kegiatan yang dibuka dengan resmi oleh Wakil Bupati Tanah Laut Drs. Sukamta, mengusung tema “ Membangun Idealisme Pemuda Sebagai Pilar Penyangga Jati diri Bangsa” melalui tema ini diharapkan dapat semakin meningkatkan kesadaran akan tugas dan tanggung jawab Pemuda Katolik untuk hadir dan terlibat dalam bersumbangsih bagi Gereja, Bangsa dan Negara.

Dalam keterangan resminya seusai menggelar Mapenta dan KKD, Ketua Komda Kalimantan Selatan Fx. Rudy menyampaikan bahwa kedepan akan dilaksanakan Kursus Kepemimpinan Menengah (KKM) se-regional Kalimantan dimana Komda Kalsel akan menjadi tuan rumah. Rudy panggilan akrabnya juga menambahkan bahwa kaderisasi merupakan modal wajib untuk mengembangkan organisasi, bila semua kader-kader Pemuda Katolik khususnya di kalsel telah tuntas kaderisasi internalnya pastilah untuk mengibarkan panji-panji Pemuda Katolik akan semakin nyata.

Ketua Panitia pelaksana Ryan Anata menyampaikan seluruh rangkaian kegiatan Mapentan dan KKD berjalan dengan baik dan lancar. Ryan yang juga Ketua Bidang Kaderisasi Komda Kalsel merincikan kegiatan Mapenta dan KKD sendiri dibagi dalam berbagai sesi dimana pada hari pertama sesi pembekalan diawali oleh Rm Albertus Jamlean,MSC, pada sesi pertama menyampaikan mengenai Kristianitas, dan mengajak para peserta untuk lebih mengenali jati dirinya sebagai orang Katolik dan sekaligus orang Indonesia. sesi kedua Bapak Willy Sebastian selaku tokoh umat dikeuskupan Banjarmasin yang juga berpengalaman dalam banyak organisasi, turut memberikan pengajaran mengenai Seni berorganisasi.

Pada hari kedua dilaksanakan Kursus Kepemimpinan Dasar (KKD). Hadir sebagai pendamping sekaligus pemberi materi dalam pelatihan ini, mewakili Pengurus Pusat Pemuda Katolik, Ketua Lembaga Pendampingan Kader Kikin P. Tarigan dan Sekretaris Lembaga pendampingan kader, Ignatius Ganjar Tri Hartono, serta Vinsensius Sugiharto selaku Penasehat awam Pemuda katolik Komda Kalsel. Dalam KKD ini diisi dengan beberapa materi terkait Kepemimpinan, yang diantaranya; Kepemimpinan Berprinsip, Kerjasama Tim (Team Work) serta membuat Rencana dan Strategi aksi kedepan.

KKD ini diharapkan mampu menciptakan embrio kader Pemuda Katolik yang memiliki semangat berkorban, jiwa pemimpin, kreatif juga fleksibel dan juga teladan dalam kehidupan sosial di masyarakat maupun organisasi. Hasil terbaiknya KKD ini mampu mengubah paradigma aku menjadi kita”, tegas Ryan yang juga merupakan aktivis OMK Keuskupan Banjarmasin. (ast)

 

Sticky
0
August 28, 2017

Gelar Mapenta & KKD, Komda Kalsel Pertegas Komitmen Bersama

Foto Bersama Peserta Mapenta & KKD Komda Kalimantan Selatan bersama PP Pemuda Katolik (Dok. PK)

Tanah Laut, Kalsel – Masa Penerimaan Anggota (MAPENTA) adalah sebuah syarat yang wajib dilaksanakan di Pemuda Katolik karena Mapenta merupakan tahap awal seseorang dikatakan sah bergabung dalam Pemuda Katolik. Sedangkan KKD (Kursus Dasar Kepemimpinan) merupakan bagian awal dari jenjang pendidikan kader Pemuda Katolik yang bertujuan melatih kader-kader pemuda katolik sebagai bekal dalam berdinamika baik dalam internal organisasi maupun dalam external organisasi. Berdasarkan dari beberapa poin penting di atas, bertempat di Aula Gereja St. Theresia Pelaihari Pemuda Katolik Komisariat Daerah Kalimantan Selatan resmi menggelar MAPENTA dan KKD selama dua hari, 26 – 27 Agustus 2017.

Kegiatan tersebut dibuka resmi oleh Wakil Bupati Tanah Laut Drs. Sukamta. Dalam sambutan pembukanya beliau mengajak seluruh anggota pemuda katolik untuk ikut serta aktif membangun kabupaten Tanah Laut serta turut menjaga toleransi karena dengan toleransi lah tanah laut dapat maju dan berkembang. Ketua Pemuda Katolik Komisariat Daerah Kalimantan Selatan Fx. Rudy, dalam sambutannya beliau juga menjelaskan maksud dan tujuan kegiatan ini adalah untuk memperkuat rasa memiliki organisasi dan mempertegas komitmen bersama untuk membangun organisasi agar ke depan lebih baik dalam berkarya untuk Gereja, Nusa dan Bangsa.

Organisasi pemuda katolik adalah organisasi kader yang siap turut aktif berpartisipasi membangun Gereja bangsa dan Negara, tambah Rudi yang juga bendahara Komisi HAK dan Kerawam Keuskupan Banjarmasin.

Mapenta ini diikuti kurang lebih 50 orang muda yang berasal seluruh paroki di Keuskupan Banjarmasin sedangkan Kursus Kepemimpinan Dasar (KKD) diikuti kurang lebih 30 orang utusan yang berasal dari seluruh Komcab di Kalimantan Selatan. Mereka ikut KKD merupakan orang-orang pilihan yang dengan tegas dan mantab berkomitmen membawa bendera pemuda katolik di Kalimantan Selatan untuk bersinergi dengan seluruh elemen penting di masyarakat, dan turut mendukung kinerja pemerintah daerah ke depan lebih baik.

KKD sendiri langsung dipandu oleh Tim Kaderisasi PP Pemuda Katolik yaitu Kikin P. Tarigan selaku Ketua Lembaga Pendampingan Kader dan Ignatius Ganjar Tri Hartono selaku Wasekjend LPK dan juga wasekjend bidang kaderisasi.

Suasana Kursus Kepemimpinan Dasar (KKD) Komda Kalsel

Sebagai tambahan Mapenta Dan KKD tahun ini mengusung tema “ Membangun Idealisme Pemuda Sebagai Pilar Penyangga Jati diri Bangsa” dengan harapan bahwa tema ini membantu menyadarkan kembali tugas dan tanggung jawab pemuda katolik untuk bertindak sebagai pelaku dalam membangun Gereja, Bangsa dan Negara. Untuk mendukung tercapainya maksud dan tujuan kegiatan ini, hadir juga para nara sumber yang sangat berkompeten memiliki keahliaan di bidang yang dimaksud.

penulis : Stanislaus Sene (Wakil Ketua Komda Kalsel)
editor : Asta Ivo

 

Sticky
0
June 22, 2017

Komda Kalimantan Selatan Siap jadi Tuan Rumah KKM Regional Kalimantan

Komda Kalimantan Selatan bersama Mgr. Petrus Boddeng Timang (dok.PK)

Kalimantan Selatan – Sesuai dengan surat edaran internal yang dikeluarkan oleh Pengurus Pusat Pemuda Katolik untuk melaksanakan jenjang kaderisasi formal yang berlaku, hal ini langsung ditanggapi oleh setiap Komda dan Komcab begitu juga dengan Komda-Komda di Kalimantan, dari hasil diskusi internal para ketua komda maka menyepakati diadakannya Kursus Kepemimpinan Menengah (KKM) regional Kalimantan dimana Komda Kalsel dipilih menjadi tuan rumah dan peserta kegiatan tersebut merupakan kader-kader dari setiap komda di Kalimantan yang telah mengikuti dan lulus Kusus Kepemimpinan Dasar (KKD) di masing-masing Komda ataupun Komcab.

sejalan dengan itu, rabu (21/06) bertempat di sekretariat Keuskupan Banjarmasin Pengurus Daerah Pemuda Katolik Komda Kalsel mengadakan audiensi dengan Bapa Uskup Banjarmasin adapun hal-hal yang disampaikan pada pertemuan kali ini yaitu Penyerahan tembusan SK Kepengurusan Komda Kalsel dan juga melaporkan kegiatan Komda Selanjutnya serta sekaligus melaporkan kesiapan untuk menjadi tuan rumah dalam kegiataan KKM regional Kalimantan.

Dalam pemaparannya kepada uskup Ketua Komda Kalsel FX. Rudy menyampaikan beberapa program yang akan dilaksanakan Komda Kalsel diantaranya Mapenta di beberapa Komcab, dan KKD se – Kalimantan Selatan yang pelaksanaannya di –handle langsung oleh Komda Kalsel mengingat beberapa komcab di bawah Komda Kalsel yang baru terbentuk sehingga lebih efektif dan efisien untuk beberapa kegiatan dilaksanakan bersamaan selama kegiatan tersebut tidak bertentangan dengan ketentuan yang berlaku di Pemuda Katolik.

menanggapi pemaparan yang disampaikan oleh Komda Kalsel Mgr. Petrus menyampaikan bahwa Audiensi ini sangat bagus dan saya sangat senang. “Menurut saya, apapun kegiatan Pemuda Katolik Komda Kalsel yang sifatnya mendidik kaum muda dan melibatkan banyak orang dan demi kepentingan masyarakat saya sangat mendukung” ucapnya.

“yang jelas kita sebagai tuan rumah akan memastikan bahwa KKM ini akan berjalan sesuai dengan aturan dan ketentuan. itu sebabnya kita di Komda Kalsel mengadakan MAPENTA dan KKD dulu, selain sebagi syarat KKM juga agar kader – kader kita merasakan kenikmatan berproses di Pemuda Katolik, jadi bukan karbitan” tegas Ketua Komda Kalsel yang juga bendahara Komisi HAK dan Kerawam Keuskupan Banjarmasin. (ast)

Sticky
0
June 17, 2017

Komcab Barito Kuala : Kita Hadir Untuk Membantu.

 

Komcab Barito Kuala (dok.PK)

Kalimantan Selatan –  Pengurus Cabang Pemuda Katolik Komcab Barito Kuala mengadakan aksi peduli sosial dengan menggelar pasar murah, kegiatan tersebut pun dilaksanakan dari tanggal 16 Juni 2017 sampai dengan 23 Juni 2017 yang bertempat di 2 (dua) lokasi yaitu Gedung Sekretariat Pemuda Katolik Komda Kalimantan Selatan dan di Handil Bakti tepatnya disalah satu rumah pengurus komcab Barito Kuala.

adapun sembako yang dijual yaitu gula pasir dengan harga Rp.12.000,-/Kg dan minyak goreng. Ketua Komcab Barito Kuala Agustinus koestandinata dalam keterangannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan wujud kepedulian komcab Barito Kuala kepada masyarakat, mengingat menjelang hari raya lebaran hampir semua sembako harganya melambung.

“meski kita komcab baru bukan berarti kita diam saja. Kita hadir untuk membantu masyarakat, minimal sedikit dari kita dapat meringankan beban mereka” tegas Agustinus yang juga merupakan sekretaris Pemuda Katolik Komda Kalimantan Selatan. (ast)

 

Sticky
0