Login
or
Register

Komda Babel

September 01, 2017

Ormas Pemuda Katolik Bantu Bersihkan Sampah Setelah Salat Idul Adha

Ormas Pemuda Katolik Bantu Bersihkan Sampah Setelah Salat Idul Adha

Pemuda Katolik Bantu Bersihkan Sampah Setelah Salat Idul Adha (dok. PK)

BANGKA POS.COM, BANGKA — Ormas Pemuda Katolik Komisariat Cabang Pangkalpinang membantu petugas kebersihan memungut sampah kertas koran di lapangan merdeka, Jumat (1/9).

Kertas koran yang digunakan sebagai alas jemaah mengikuti salat ied atau Idul Adha, dikumpulkan dan diangkut petugas kebersihan.

“Kami membantu petugas kebersihan, bagian dari keterlibatan dan partisipasi pemuda katolik dalam perayaan Idul Adha umat muslim,” jelas ketua Komcab Pangkalpinang, Gunawan Tjen.

Gunawan mengharapkan ke depan pemuda katolik semakin terlibat dalam kegiatan umat muslim.

“Mari kita kerja bersama merawat kebhinekaan di Bangka Belitung,” harap Gunawan.

sumber : tribunnews.com

Sticky
0
August 22, 2017

Pemuda Katolik Ajak Kerja Bersama Jaga Keutuhan NKRI

Pemuda Katolik Ajak Kerja Bersama Jaga Keutuhan NKRI
Tim karnaval pemuda katolik Komcab Pangkalpinang bersiap di lokasi karnaval (dok.PK)
BANGKAPOS.COM, BANGKA — Ormas Pemuda Katolik Komisariat Cabang Pangkalpinang ikut berpartisipasi dalam kegiatan karnaval mobil hias HUT ke 72 Kemerdekaan RI tingkat Provinsi Babel, Senin (21/8).

Tim Pemuda Katolik dengan menggunakan mobil tronton dihiasi ornamen peta Indonesia mengusung tema Kerja Bersama Jaga Keutuhan NKRI, Rawat Kebhinekaan di Bangka Belitung.

Ketua Pemuda Katolik Komcab Pangkalpinang, Gunawan Tjen menjelaskan keterlibatan Pemuda Katolik sebagai bentuk partisipasi dalam kegiatan pemerintah. Karena menurut Gun, Pemuda Katolik harus pro gereja dan negara.

“Sesuai dengan tema umum Indonesia Kerja Bersama, kami mengajak mari kita kerja bersama menjaga keutuhan NKRI dan merawat kebhinekaan di Bangka Belitung,” ungkap Gunawan.

Sepanjang perjalanan tim Pemuda Katolik akan menyanyikan lagu-lagu kebangsaan.

sumber : tribunnews.com

Sticky
0
June 18, 2017

Komcab Pangkalpinang “Bukber Bareng” Pemuda Lintas Agama di Panti Asuhan

Komcab Pangkalpinang dan Pemuda Lintas Agama di Panti Asuhan Al Ikhlas Pangkalpinang, Sabtu (17/6). (dok.tribunews)

Pangkalpinang – Bertempat di Panti Asuhan Al Ikhlas Pangkalpinang, sabtu (17/6) Pemuda Katolik Komcab Pangkalpinang beserta Pemuda Lintas Agama yang terdiri dari GP Ansor, Muhammadiyah, Makin, Gemabudhi, Kristen, dan para siswa seminari Mario John Boen menggelar acara Buka Puasa Bersama yang diinisiasi oleh Komcab Pangkalpinang.

Dalam acara tersebut hadir juga Romo Hans selaku Ketua Komisi Kerawan Keuskupan Pangkalpinang dan Ustaz Fatoni yang hadir serta memberikan  tausiyah. acara berjalan dengan lancar dan penuh keakraban antar pemuda -pemuda lintas agama serta diselingi canda tawa yang menambah kehangatan suasana.

Ketua Pemuda Katolik Komcab Pangkalpinang, Gunawan Tjen menegaskan bahwa kehadiran pemuda lintas agama dalam kegiatan buka puasa bersama di Panti Asuhan Al Ihklas merupakan bukti komitmen bersama untuk merawat kebhinekaan di Kota Pangkalpinang khususnya dan Bumi Serumpun Sebalai umumnya.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada pimpinan dan penghuni panti asuhan, atas kesediaan memberikan tempat dan waktu dilaksanakan buka puasa bersama. Terima kasih atas kesediaan tulus dari teman-teman pemuda lintas agama yang datang dan hadir bersama dalam acara buka puasa bersama. Ini bukti motivasi dan komitmen bersama untuk merajut kebhinekaan, meningkatkan silahturahmi dan kualitas toleransi umat beragama di Bangka Belitung,” kata Gunawan Tjen.

Pastor Hans mengisahkan bahwa kebiasaan puasa juga ada dalam tradisi gereja Katolik.

“Doa, puasa dan amal dalam tradisi gereja Katolik merupakan satu kesatuan. Puasa bukan hanya soal menahan rasa haus dan lapar tetapi puasa terhadap segala bentuk tindakan kekerasan, ketidakadilan, intoleransi. Ini harus menjadi komitmen bersama untuk membangun bangsa dan negara,” harap Pastor Hans.

Ustaz Fatoni mengharapkan agar semua pemuda lintas agama semakin meningkatkan kualitas toleransi umat beragama di Bangka Belitung karena Bumi Serumpun Sebalai sudah terkenal dengan toleransinya.

“Mari kita perkuat ikatan persaudaraan dan toleransi,” kata Ustaz Fatoni.

Pada acara ini juga diberikan santunan untuk anak-anak di  Panti Asuhan Al Ikhlas, Pangkalpinang. (ast)

Sticky
0
June 15, 2017

Pemuda Katolik Ajak Pemuda Lintas Agama Buka Puasa Bersama

Pemuda Katolik Komcab Pangkal Pinang beserta Pengurus Komda (Dok.Pk)

BANGKA – Ormas Pemuda Katolik Komisariat Cabang Pangkalpinang mengajak pemuda lintas agama wilayah Kota Pangkalpinang untuk berbuka puasa bersama.
Kegiatan buka puasa pemuda lintas agama sedianya dilakukan pada Sabtu (17/6) di Panti Asuhan AL Ikhlas Kacang Pedang Pangkalpinang.
Ketua Pemuda Katolik Pangkalpinang, Gunawan Tjen menjelaskan buka puasa bersama pemuda lintas agama dengan tema Bersatu Merajut Kebhinekaan akan berlangsung di panti asuhan.
“Kita mengajak pemuda Ansor, Muhammadiyah, Kristen,.Gemabudhi, Makin bersama keluarga besar panti asuhan untuk berbuka puasa bersama. Kita bersatu untuk merajut kebhinekaan,” jelas Gunawan kepada Bangka Pos.com, Kamis (15/6).
Gunawan menambahkan buka puasa bersama pemuda lintas agama merupakan bagian dari komitmen pemuda katolik untuk merawat kebhinekaan, menjalin silahturahmi sekaligus ikut berpartisipasi dalam ibadah bulan suci ramadan umat muslim.
“Rangkaian kegiatan akan diisi dengan siraman rohani dan tausiyah dari ustadz, pemberian santunan kepada anak yatim serta diskusi bersama pemuda lintas agama,” jelas Gunawan.
Lebih lanjut Gunawan mengucapkan terima kasih atas komitmen dan kesediaan perwakilan pemuda lintas agama yang sudah menyatakan ikut hadir.
“Terima kasih untuk teman teman pemuda lintas agama yang sudah menyatakan siap hadir. Ini bukti para pemuda lintas agama di kota Pangkalpinang punya komitmen yang sama untuk bersatu merajut kebhinekaan,” ungkap Gunawan.(*)

Sumber : tribunnews.com

Sticky
0
June 03, 2017

Dandim Bangka Marahi Pengurus Ormas Pemuda Katolik

Komcab Pangkalpinang bersama Dandim (dok.tribun)

BANGKA–Pengurus Ormas Pemuda Katolik Komisariat Cabang Pangkalpinang bersilahturahmi ke Kantor Kodim 0413 Bangka, Jumat (2/6).

Kedatangan pengurus disambut langsung oleh Dandim Letkol Inf Daniel dan Danramil Kota, Ferdinand.

Para pengurus Pemuda Katolik langsung diceramahi dan diberikan arahan bahkan ditegur dan dimarahi terkait keterlibatan dalam kegiatan sosial kemasyarakatan.

“Terima kasih atas inisiatif pengurus untuk silahturahmi. Saya akan marah kalau setelah dilantik pengurus tidak bisa berbuat sesuatu yang bermanfaat untuk masyarakat, harus segera berbuat untuk masyarakat umum,” tegas Letkol Daniel dengan nada serius.

Letkol Daniel menambahkan kehadiran Ormas Pemuda Katolik harus mendukung dan terlibat aktif membangun Kota Pangkalpinang.

“Semua program dan kebijakan pemerintah untuk masyarakat harus didukung. Pengurus harus pro aktif untuk menanyakan dan berkoordinasi kepada pemerintah dan intansi terkait untuk terlibat dalam kegiatan kota Pangkalpinang,” harap Letkol Daniel.

Lebih lanjut Daniel mengharapkan agar pengurus dan anggota Ormas Pemuda Katolik harus mewujudkan secara nyata semboyan 100 persen katolik 100 persen Indonesia.

“Semboyan Pro Ecclesia et Patria, untuk gereja dan negara harus nyata dalam program dan kegiatan konkret. Mari kita bekerja sama merawat kebhinekaan di Kota Pangkalpinang,” ungkap Letkol Daniel.

Ketua Pemuda Katolik Komcab Pangkalpinang, Gunawan Tjen mengucapkan terima kasih atas arahan dan kritikan dari Dandim dan Danramil Kota.

“Kritikan, arahan kami jadikan sebagai bahan evaluasi dan tantangan untuk berkiprah secara nyata di Kota Pangkalpinang,” ungkap Gunawan Tjen.

sumber :tribunnews.com

Sticky
0
May 23, 2017

Pemuda Katolik Silahturahmi ke Kesbangpol Pangkalpinang

SILAHTURAHMI–Pengurus Pemuda Katolik Komisariat Cabang Pangkalpinang, Senin (22/5) bersilahturahmi ke Kantor Kesbangpol Pangkalpinang.

BANGKA – Pengurus Pemuda Katolik Komisariat Cabang Pangkalpinang menggelar silahturahmi ke kantor Kesbangpol Pangkalpinang, Senin (22/5). Rombongan pemuda katolik diterima langsung Kepala Kesbangpol, Ibu Suhartini. “Berdasarkan hasil Musyawarah komisariat daerah dan komisariat cabang pada akhir April lalu telah terpilih dan dilantik pengurus Pemuda Katolik Komcab Pangkalpinang. Karena itu kami datang untuk melapor diri sekaligus silahturahmi dan meminta arahan dari Kepala Kesbangpol,” ungkap Ketua Pemuda Katolik Komcab Pangkalpinang, Gunawan Tjen.

Gunawan menambahkan bahwa Pemuda Katolik siap bersinergi dan berpartisipasi membangun Kota Pangkalpinang. “Ini komitmen kami 100 persen Katolik dan 100 persen Indonesia. Karena itu kami sangat mengharapkan arahan dan bimbingan dari dinas terkait,” ungkap Gunawan.

Kepala Kesbangpol Kota Pangkalpinang, Suhartini memberi apresiasi atas langkah Pemuda Katolik bersilahturahmi ke Kesbangpol. “Ini langkah tertib administrasi bahwa semua organisasi harus terdaftar. Dan pemuda katolik harus mampu untuk bersinergi dengan pemerintah menjaga kamtibmas, kerukunan dan persatuan di Kota Pangkalpinang,” harap Suhartini.

Lebih lanjut Suhartini berharap agar Pemuda Katolik tetap aktif dan berkibar, menjalankan program dan rencana yang mendukung pembangunan di Pangkalpinang.
“Mari kita bersinergi dan berjalan bersama dengan semua organisasi untuk membangun Pangkalpinang,” harap Suhartini. Rangkaian silahturahmi akan dilanjutkan ke dinas pariwisata dan budaya, WaliKota Pangkalpinang, Kapolres, pimpinan gereja katolik, organisasi keagamaan dan OKP di Kota Pangkalpinang.

sumber : tribunnews.com

Sticky
0
May 02, 2017

Me Hoa Ketua Pemuda Katolik Babel, Ini Program Kerjanya

dari Ki-Ka Stefanus Asat Gusma (Kabid. Org PP), Michelle (sek. Komda Babel Demisioner), Me Hoa (Ketua Komda Terpilih), Kikin Tarigan (Ketua Komda Babel Demisioner) (dok.Pk)

BELITUNG – Me Hoa, kader pemuda Katolik asal Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) terpilih sebagai Ketua Komisariat Daerah (Komda) Pemuda Katolik Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Ketua Komisi I DPRD Bateng asal PDIP ini terpilih secara musyawarah dan mufakat pada Musyawarah Komisariat Daerah (Muskomda) Pemuda Katolik Komda Provinsi Kepulauan Babel di Hotel Aksi, Jalan Mentok, Pangkalpinang yang digelar selama dua hari, Sabtu dan Minggu (29-30/4).

Pada muskomda ini juga terpilih pengurus Komisariat Cabang (Komcab) Pemuda Katolik lima kabupaten/kota se Provinsi Kepulauan Babel yakni Simon Servianus sebagai Ketua Komcab Pemuda Katolik Kabupaten Belitung, Gunawan Tjen, Ketua Komcab Kota Pangkalpinang, Yohanes Tamaela, Ketua Komcab Bateng, Martinus Adi Prianto, Ketua Komcab Bangka Barat (Babar) serta Bertnadus Reco, Ketua Komcab Bangka.

Pelantikan Ketua Umum Komda Pemuda Katolik Babel dipimpin Stefanus Asat Gusma, Kepala Bidang Organisasi Pemuda Katolik pusat. Sementara itu Ketua Komcab lima kota/kabupaten se Babel dilakukan oleh Me Hoa sebagai Ketua Komda Pemuda Katolik Babel yang baru dilantik.

Hadir dalam pelantikan ini Budiman Ginting, Asisten II Pemprov Babel mewakili Gubernur Babel, Vikjen Keuskupan Pangkalpinang Romo Nugroho Tri Susanto, Anggota DPR RI, Rudianto Tjen, Ketua Lembaga Kaderisasi Pengurus Pusat Pemuda Katolik, Kikin P Tarigan, Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga/OKP Pengurus Pusat Pemuda Katolik, Michelle Wonda L, tokoh masyarakat, tokoh agama, pengurus ormas kepemudaan serta undangan lainnya.

Me Hoa dalam sambutannya mengatakan, sebagai Ketum Komda Pemuda Katolik Babel ia berpegang teguh pada Tri Satya Pemuda Katolik dimana perjuangan ormas ini untuk gereja dan negara.

Ia akan membuka komunikasi dan menjalin hubungan yang baik dengan organisasi kepemudaan lainnya untuk berjuang bersama demi NKRI yang ber-Bhinneka Tunggal Ika, mengawal Pancasila dan UUD 45.

“Kita akan bergandegan tangan dan menjalin silaturahmi dengan ormas kepemudaan lainnya untuk menciptakan pluralitas yang baik di Babel,” kata Me Hoa.

Sementara itu Assisten II Pemprov Babel Budiman Ginting yang membacakan sambutan Gubernur Babel Rustam Efendi mengucapkan selamat kepada pengurus Komda Pemuda Katolik Babel maupun Komcab Pemuda Katolik kabupaten/kota se provinsi Babel yang terpilih dengan mekanisme yang benar.

“Selamat menjalankan tugas dan selamat menjadi bagian dari organisasi kepemudaan di Babel yang baik dan benar, penuh perhatian dan memeliliki tanggungjawab yang tinggi menjalankan progranm kerja ytang telah disepakati bersama,” kata Budiman.

Menurut Budiman, seiring dengan program pembangunan Provinsi Babel yang memprioritaskan sektor pariwisata, kelautan dan perikanan, perkebunan dan pertanian serta sektor industri dan perdagangan sebagai penggerak ekonomi daerah, membutuhkan sumber daya manusia (SDM) berkualitas dan berjiwa kewirausahawan serta berdedikasi di kalangan generasi muda.

“Oleh karena itu Pemprov Babel mengajak ormas Pemuda Katolik untuk bersinergi dalam pembangunan bersama di provinsi ini. Hal ini saya sampaikan karena saya melihat Ketua Umum Pemuda Katolik Periode 2015-2018, Karolin Margaret Natasha yang mampu mengembangkan program pendidikan, kewirausahaan dan koperasi bagi para kader Pemuda katolik,” katanya.

Karolin ditetapkan sebagai ketua dalam puncak Kongres XVI Pemuda Katolik di Batam, Provinsi Kepulauan Riau, Minggu (23/8/2015) lalu. Gubernur menurut Budiman sangat mengapresiasi program yang disusun Karolin.

Gubernur berharap dengan dilantiknya pekengurusan Komda dan Komcab Pemuda Katolik di Babel, memiliki komitmen untuk mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat Babel dengan semangat pro exclesia et patria.

sumber : tribunnews.com

Sticky
0
May 01, 2017

Pemuda Katolik Resmi Hadir di Bumi Serumpun Sebalai, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Komda Babel Beserta PP Pemuda Katolik dan perwakilan Hirarki (dok.PK Babel)

Rangkaian proses pembentukan Pemuda Katolik Komisariat Bangka Belitung berjalan dengan sukses, setelah melalui berbagai tahapan.

Awalnya lewat dialog media sosial, gagasan pembentukan diajukan Ketua Komisi Kerasulan Awam Keuskupan Pangkalpinang Rm Hans Jeharut. Proses berjalan hingga pada 29-30 April bertempat di Hotel Aksi, Bangka Belitung secara resmi dilaksanakan Mapenta, Muskomcab, Muskomda dan Pelantikan Pengurus.

Mapenta diselenggarakan pada 29 April yang dihadiri 80 peserta dari 5 (lima) Kab/Kota di Provinsi Bangka Belitung. Hadir sebagai narasumber Wakil Bupati Bangka Barat Markus (selanjutnya menjadi Pembina Pemuda Katolik Komda Babel), Rm Hans Jeharut (Ketua Komisi Kerawam Keuskupan Pangkal Pinang serta perwakilan PP Pemuda Katolik yaitu Kikin Tarigan (Caretaker Ketua Komda Babel yang juga Ketua LPK), Michelle Wondal (Caretaker Sekretaris Komda Babel ) dan Stefanus Gusma(Kabid. Pembinaan Organisasi & Keanggotaan).

Setelah secara resmi dilantik sebagai anggota, setiap anggota dari masing-masing Kab/Kota melakukan Muskomcab hingga terpilih Pengurus di Kota Pangkalpinang, Kab Bangka Barat, Kab Bangka, Kab Bangka Tengah dan Kab Belitung.

Selanjutnya dilaksanakan Muskomda hingga menghasilkan Kepengurusan Definitif untuk periode 2017-2020 yang dinahkodai Me Hoa (Komcab Bangka Tengah) melalaui tahapan lobbying 3 kandidat dan secara aklamasi diterima oleh forum Muskomda.

Ibu 2 (dua) orang anak ini, selain aktif di berbagai organisasi sosial juga sebagai Anggota Fraksi PDI Perjuangan dari Kab Bangka Tengah.

Kontributor : KP Tarigan
Editor            : Asta

Sticky
0